Pengaruh Literasi dan Inklusi Keuangan Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal (Studi Kasus Tenaga Pendidik Di Kota Bogor Tahun 2022)


Vonny Rezky Amelia Hernawan

Abstract


Adanya minat investasi yang dimiliki oleh tenaga pendidik di Kota Bogor tentunya bergantung pada banyak faktor seperti literasi dan inklusi keuangan. Rendahnya literasi keuangan menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat berakibat pada banyaknya kerugian dalam investasi ilegal. Permasalahan pada penelitian ini merujuk pada tingginya gap literasi dan inklusi yang ada di Kota Bogor sebagai kota pendukung ibukota negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi keuangan dan inklusi keuangan terhadap minat tenaga pendidik Kota Bogor dalam berinvestasi di pasar modal. Data yang digunakan adalah data kuantitatif yang berasal dari angket kuesioner yang diolah dengan metode analisis linear berganda melalui program SPSS. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu literasi keuangan dan inklusi keuangan tenaga pendidik di Kota Bogor memiliki pengaruh signifikan pada minat investasi di pasar modal.

Kata-Kata Kunci: Literasi Keuangan; Inklusi Keuangan; Minat Investasi; Tenaga Pendidik.


Full Text:

PDF

References


Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An analysis of financial literacy among college students. Financial Services Review. An analysis of financial literacy among college students. Financial Services Review, 7(1).

Febrianti, F. (2020). Analisis Literasi dan Inklusi Keuangan Terhadap Minat Investasi Generasi Z Di Jabodetabek.

Febrianti, F., Dewi, F. R., & Viana, E. D. (2021). Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Minat Investasi Generasi Z di Jabodetabek. Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO), 12(3), 252–264.

Khan, A. W., Jangid, A., Bansal, A., Chaudhary, S., Tyagi, V., S, M., & Rao, P. (2016). Factors Affecting Customer Satisfaction in the Taxi Service Market in India. Journal of Entrepreneurship and Management, 5, 46–53.

Manurung, A. H., & Rizky, L. T. (2009). Successful Financial Planner : A Complete Guide. Jakarta Grasindo.

Mertha Dewi, I., & Purbawangsa, I. B. A. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan Serta Masa Bekerja Terhadap Perilaku Keputusan Investasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 1867. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i07.p04

OJK. (2020). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan, 378.

Puspitasari, D. A. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Overconfidence, Dan Risk Tolerance Terhadap Keputusan Investasi Produk Pasar Modal. INSTITUT PERTANIAN BOGOR.

Putri, W. W., & Hamidi, M. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan, dan Faktor Demografi Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1), 398–412. https://doi.org/10.29259/ja.v14i2.11480

Sukirno, S. (2001). Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Rajawali Press, 2.

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi. (Kanisius, Ed.). In Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.