Pengaruh Literasi dan Pendapatan Masyarakat Terhadap Pertumbuhan Asuransi Syariah di Kota Bogor


Irvan Insantyo, Bambang Waluyo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah permasalahan bahwa berbanding terbaliknya pertumbuhan total aset asuransi syariah di Kota Bogor terhadap literasi masyarakat yang semakin baik mengenai keuangan syariah dan didukung oleh tingkat pendapatan yang memungkinkan untuk berasuransi syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh literasi masyarakat dan pendapatan masyarakat terhadap pertumbuhan asuransi syariah di Kota Bogor. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif statistik dengan metode analisis regresi linier berganda. Berdasarkan perhitungan analisis regresi linier berganda yang diambil dari koefisien regresi, diperoleh koefisien variabel literasi sebesar 0,214 dan variabel pendapatan masyarakat adalah sebesar 0,082. Berdasarkan hasil analisis penelitian, dapat disimpulkan bahwa variabel literasi memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan asuransi syariah di Kota Bogor, sedangkan variabel pendapatan masyarakat memiliki pengaruh namun tidak signifikan terhadap pertumbuhan asuransi syariah di Kota Bogor. Hasil secara simultan menunjukkan bahwa kedua variabel secara simultan berpengaruh terhadap pertumbuhan asuransi syariah di Kota Bogor. Dapat diartikan bahwa semakin tinggi literasi masyarakat terhadap asuransi syariah dan dengan pendapatan berapapun, dapat meningkatkan pertumbuhan asuransi syariah di Kota Bogor.

Kata Kunci : Literasi, Syariah, Asuransi, Masyarakat, Pendapatan


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Bogor. Kota Bogor dalam Angka 2020-2022. Bogor: BPS Kota Bogor.

Badan Pusat Statistik Kota Bogor. Produk Domestik Regional Bruto Kota Bogor Menurut Lapangan Usaha 2017-2021. Bogor: BPS Kota Bogor.

Badan Pusat Statistik Kota Bogor. Statistik Kesejahteraan Rakyat Kota Bogor 2020-2022. Bogor: BPS Kota Bogor.

Fajar Rizki, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Berasosiasi Dengan Tingkat Literasi Keuangan Masyarakat Kota Bogor Pada Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Bogor, Kota Beriman). Skripsi. Bogor: Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. 2018. Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024. Jakarta. PT Zahir Syariah Indonesia.

Mainata, D., & Pratiwi, A. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Asuransi Syariah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. International Journal Ihya’ ’Ulum al-Din, 21 (Vol. 01).

Nasution, Mustafa Edwin,(2006). Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Nasution, Z., & Sistiyarini, E. (2019). Determinan Pertumbuhan Aset Asuransi Syariah di Indonesia. In Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah (Vol. 04, Issue 01).

Nazarov, I. I., & Dhiraj, N. S. (2019). Conceptual Understanding and Significance of Takaful (Islamic Insurance): History, Concept, Models and Products. International Journal for Innovation Education and Research, 7 (Vol. 04), 280–298.

Puspita, A. T., Lubis, D., & Marhamah Muthohharoh. (2021). Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Literasi Keuangan Syariah pada Mahasiswa Muslim di Bogor. AL-MUZARA’AH, 9 (Vol. 01), 1–20.

Rahmadion, M., Yetty, F., & Fathoni, M. A. (2021). PROSIDING BIEMA Business Management, Economic, and Accounting National Seminar. Jurnal Manajemen Bisnis, (Vol. 02).

Rahman, F. (2021). Literasi Keuangan Syariah dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Investasi Melalui Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen.

Sula, M Syakir (2004). Asuransi Syariah (life and general): konsep dan sistem operasional. Jakarta: Gema Insani.

Statistikian. (2020). Pengertian Uji Asumsi Klasik Regresi Linear dengan SPSS. Diakses pada 29 Juni 2022 dari https://www.statistikian.com/2017/01/uji-asumsi-klasik-regresi-linear-spss.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.