Pengaruh Persepsi Manfaat, Pemahaman, dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pelaku UMKM Memilih QRIS BSI Sebagai Media Pembayaran Pada Tempat Usahanya


R.R. Adinda Putri Puspitaningrum, Dede Abdul Fatah

Abstract


Pemerintah menghadirkan inovasi terhadap perkembangan teknologi dengan menerbitkan Quick Responses Code Indonesian Standard untuk mengefisienkan dan mengefektifkan proses transaksi kepada seluruh pengguna dengan target penggunaan sebesar tiga belas juta oleh UMKM dan pengguna lainnya. Bank Syariah Indonesia merespon hal tersebut dengan ikut serta menyediakan produk QRIS BSI. Namun dengan manfaat yang diberikan atas penggunaan QRIS BSI tersebut, penggunaan QRIS BSI oleh UMKM di wilayah DKI Jakarta belum terealisasikan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah persepsi manfaat, pemahaman, dan religiusitas berpengaruh terhadap keputusan pelaku UMKM di wilayah DKI Jakarta memilih QRIS BSI sebagai media pembayaran pada tempat usahanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan memperoleh data dari kuesioner yang disebar kepada 40 responden. Hasil olah data diperoleh dari uji regresi linier berganda menggunakan SPSS. Adapun hasil penelitian atas 40 responden UMKM di wilayah DKI Jakarta bahwa baik persepsi manfaat, pemahaman, dan religiusitas memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial maupun simultan terhadap keputusan memilih.

Kata-Kata Kunci : QRIS, UMKM, Persepsi Manfaat, Pemahaman, Religiusitas, Keputusan Memilih


Full Text:

PDF

References


Herlambang, Ridho. 2021. Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Terhadap Pengembangan UMKM Kota Medan.

Wahyuni, Luh Putu dan I Wayan Arta Setiawan. 2021. Bagaimana QRIS menarik minat UMKM? sebuah model untuk memahani intensi UMKM menggunakan QRIS.

Riandi, Asep. 2020. Penerimaan dan Preferensi Merchant Penyedia Pembayaran QR Code Menggunakan QRIS Code Bank Syariah dengan Technology Acceptance Model (TAM).

Alifyandra, Muhammad Raihan. 2021. Analisis Penggunaan Teknologi QRIS Pada Sektor Unit Usaha Mikro dan Usaha Kecil Bidang Kuliner dengan menggunakan pendekatan model UTAUT2 (Studi Kasus Wilayah Kecamatan Cilandak).

Suebtimrat, Panupong dan Rawin Vonguai. 2020. An Investigation of Behavioral Intention Towards QR Code Payment in Bangkok, Thailand.

Wahyuni, Luh Putu dan I Wayan Arta Setiawan. 2020. QRIS Di Mata UMKM : Eksplorasi Persepsi dan Intensi UMKM Menggunakan QRIS.

Ningsih, Hutami A, Endang M. Sasmita, dan Bida Sari. 2021. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS) Pada Mahasiswa.

Alfianti. 2020. Implementasi Financial Technology Dalam Sistem Pembayaran Berbasis QR Code Di Bank Syariah Mandiri Cabang Palangka Raya

Putri, Nindy Anindya. 2020. Pelaksanaan Penggunaan Quick Response Code (Kode QR) untuk Sistem Pembayaran Berdasarkan Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/ 18 /PADG/2019 Tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran di Kota Semarang.

Pangestu, Mira Gustina dan Johni Paul Karolus Pasaribu. 2022. Behavior Intention Penggunaan Digital Payment QRIS Berdasarkan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) (Studi pada UMKM Sektor Industri Makanan & Minuman di Kota Jambi).

Siahloho, Josef Evan, Atifah Ramadani, dan Suci Rahmayanti. 2020. Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan.

Setiyono, Taufiq Andre. 2020. Indonesian’s Acceptance of Non-Cash Transaction Using Qris

Yuliati, Tri dan Tri Handayani. 2021. Pendampingan Penggunaan Aplikasi Digital QRIS Sebagai Alat Pembayaran Pada UMKM.

Ariyanto, Resa. 2016. Pengaruh dan Groupthink Terhadap Keputusan Pemilihan Pekerjaan.

Hidayah, Khairatun Nisa’ Nurul. 2019. Pengaruh Religiusitas dan Brand Awareness Aqua Terhadap Keputusan Pembelian Aqua Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Ponogoro.

Fitria, Sarah dan Yessy Artanti. 2020. Pengaruh Religiusitas dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian.

Lisniawati, Irna. 2021. Determinan Minat Mahasiswa Menggunakan Pembayaran Digital QRIS.

Wulandari, Sri. 2021. Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Indomie Di Sidoarjo)

Palupi, Ansastasia Anggi. 2021. Pengaruh Literasi Keuangan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Bertransaksi Menggunakan QRIS Pada UMKM di Kecamatan Beji dan Sukmajaya Depok

Accounting Binus. 2021. Memahami Koefisien Determinasi Dalam Regresi Linear. https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/

Junaidi Chaniago Wordpress. Titik Persentasi Distribusi t. http://ledhyane.lecture.ub.ac.id/files/2013/07/

Junaidi Chaniago Wordpress. Titik Persentasi Distribusi F. http://ledhyane.lecture.ub.ac.id/files/2013/04/

Industri Co Id. 2021. Survei : Gen X Memiliki Literasi Digital Yang Buruk Ketimbang Kaum Milenial. https://www.industry.co.id/

Katadata. 2022. Pengertian Teknologi, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya. https://katadata.co.id/

Okedukasi. 2022. Dampak Positif dan Dampak Negatif dari Sistem Teknologi. https://edukasi.okezone.com/

Data Jawa Barat. Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah Berdasarkan Kabupaten Kota Di Jawa Barat. https://opendata.jabarprov.go.id

Ahmad Sudiro. 2012. Modul 6 Metodologi Penelitian Bisnis. http://achmadsudirofebub.lecture.ub.ac.id/

Repository Raden Fatah. Kuesioner Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cilupbah Shop Palembang. http://repository.radenfatah.ac.id/

Databoks. 2022. 10 Provinsi dengan Jumlah Industri Mikro dan Kecil Terbanyak (2020). https://databoks.katadata.co.id/

RiauPos.Co. 2021. BSI Dukum Sistem Pembayaran Lewat QRIS. https://riaupos.jawapos.com/

Kominfo. 2020. Survei Literasi Digital Indonesia 2020. https://aptika.kominfo.go.id/

Finansial. 2022. Begini Upaya BSI (BRIS) Dukung Pertumbuhan UMKM. https://finansial.bisnis.com/

Bank Syariah Indonesia. BSI QRIS. https://www.bankbsi.co.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.