Evaluasi Program Depok Sejahtera Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Depok


Intan Nur Maulidyana Gunawan, Abdillah Abdillah

Abstract


Zakat menjadi sumber dana untuk kesejahteraan umat terlebih guna mengentaskan dari kemiskinan serta menghilangkan kesenjangan sosial. Oleh karena itu dibentuklah BAZNAS Kota Depok yang didirikan berdasar pada Keputusan Dirjen Bimas Islam tahun 2014.  BAZNAS Kota Depok juga memiliki program utama yang berkenaan dengan pengentasan kemiskinan yaitu Program Depok Sejahtera. Maka dari itu evaluasi dalam program Depok Sejahtera sangat penting untuk dilakukan, untuk mengetahui pencapaian tujuan dan program yang dijalankan oleh organisasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Depok sejahtera pada BAZNAS Kota Depok. Metode yang dugunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan data primer berupa wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian, menunjukkan pencapaian program Depok sejahtera pada BAZNAS Kota Depok sudah cukup memuaskan. Pertama, berdasarkan evaluasi konteks pelaksanaan pada program Depok Sejahtera telah sesuai dengan tujuan program dan terlaksana dengan baik. Kedua, berdasarkan evaluasi masukan sudah cukup baik dan memadai untuk mendukung jalannya program. Ketiga, berdasarkan evaluasi proses telah berjalan dengan sangat baik dan tertata secara sistematis. Selanjutnya, yang terakhir berdasarkan evaluasi produk program tersebut telah berjalan atau bergerak mencapai tahap sukses, namun mayoritas mustahik baru sampai tahap munfik belum sampai sebagai muzaki. Kedepannya program ini akan terus berlanjut dan diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi tingkat kemiskinan di Kota Depok.

Kata kunci: Program Depok Sejahtera, Evaluasi, BAZNAS Kota Depok.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, & Jabar, A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan:Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Baridwan.

Arikunto, S., Jabar, A., & Safruddin, C. (2004). Evaluasi Program. Pendidikan, Pedoman Teoritis bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ash-Shiddiqy, T. M. (1999). Pedoman Zakat. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Baznas Kota Depok. (2016, Desember 5). Sejarah Baznas Kota Depok. Retrieved from Baznas Kota Depok: https://baznasdepok.id/sejarah-baznas-kota-depok/

Baznas Kota Depok. (2017, Januari 11). Program Badan Amil Zakat Nasional Kota Depok. Retrieved from BAZNAS Kota Depok: https://baznasdepok.id/

Baznas Kota Depok. (2020). Program Depok Sejahtera. Retrieved from Baznas Kota Depok: https://baznasdepok.id/

Baznas Kota Depok. (2022). Data Pendistribusian dan Pendayagunaan Tahun 2017-2021. Depok: Baznas Kota Depok.

BPS. (2022, Januari 19). Angka Kemiskinan Kota Depok. Retrieved from BPS: http://www.bps.go.id/

Kirkpatrick, L. (1998). Evaluating Training Programs. San Fransisco: Berret-Koehler Publisher, Inc.

Rusli, A. (2005). Zakat = Pajak. Jakarta: Redana.

Suharsimi, A., & Abdul Jabar, C. S. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, N. (2021, Agustus 5). Pra Riset Permasalahan Pada Program Depok Sejahtera. (I. N. Gunawan, Interviewer)

Widodo. (2017). Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.