Pengaruh Promosi Media Digital dan Word of Mouth terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Mobile Banking Syariah


Thalia Lufna Salsabila, Sylvia Rozza

Abstract


Perkembangan teknologi yang cukup pesat dimanfaatkan oleh dunia perbankan syariah untuk meningkatkan kualitas produknya. Salah satu upayanya adalah dengan menyediakan layanan Mobile Banking Syariah. Bank Syariah Indonesia (BSI) tentunya juga memiliki layanan mobile banking syariah. Namun jumlah pengguna BSI Mobile masih relatif rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi media digital dan word of mouth terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan BSI Mobile. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dan mengambil 100 responden pengguna BSI Mobile di wilayah Jabodetabek. Adapun hasil dari penelitian ini adalah secara parsial dan simultan promosi media digital dan word of mouth berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan BSI Mobile. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan untuk Bank Syariah Indonesia dalam mengoptimalkan strategi promosinya guna meningkatkan keputusan nasabah menggunakan BSI Mobile. Hal tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan promosi pada media sosial yang dimiliki seperti website, Instagram, twitter, facebook, dan media lainnya.

Kata Kunci: Promosi Media Digital; Word of Mouth; Keputusan Nasabah dalam Menggunakan BSI Mobile


Full Text:

PDF

References


Afrina Yasmin, Sadia Tasneem, dan Kaniz Fatema, Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. Diakses pada 01 April 2022 dari 10.18775/ijmsba.1849-5664-5419.2014.15.1006

Ali, Hasan. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center for Academic Publishing Service)

Ardiandyah, Y dan Sulistiyowati, L, H. (2018). Pengaruh Kompetensi dan Kecerdasan Emosiaonal terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen. Diakses pada tanggal 10 April 2022 dari https://doi.org/10.33603/jibm.v2i1.1064

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Babin, Barry, (2015). Modelling Consumer Satisfaction and Word of Mouth: Restaurant Patronage in Korea, The Journal of Service Marketing. Vol 19 No.3 hal 133 – 139.

Bank Syariah Indonesia (2021). Fitur Layanan BSI Mobile. Diakses pada tanggal 15 November 2021 dari https://www.bankbsi.co.id/produk&layanan/digital-banking/1618286255bsi-mobile

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and practice (6th ed.). Pearson.

CNBC Indonesia (2021). Mobile banking Bank Syariah Indonesia Melesar 98%. Diakses pada tanggal 3 Desember 2021 dari https://www.cnbcindonesia.com/syariah/20210823140844-29-270488/gegara-ini-mobile-banking-bank-syariah-indonesia-melesat-98

Cong, Y dan Zheng, Y. (2017). “A Literature Review of the Influence of Electronic Word-of-Mouth on Consumer Ourchase Intention”. Open Journal of Business and Management. Diakses pada tanggal 12 April 2022, dari https://www.scirp.org/pdf/OJBM_2017072615534487.pdf

Durmaz, Y dan Efendioglu, I, H. (2016). Travel from Traditional Marketing to Digital Marketing. (Global Journal Inc.). Diakses pada tanggal 25 Maret 2022, dari https://journalofbusiness.org/index.php/GJMBR/article/view/2049/1951

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Denga Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harwindra Yoga Prasetya dan Adi Nurmahdi (2017). Pengaruh Pemasaran Digital dan Perilaku Online Konsumen pada Peningkatan Kesadaran Konsumen dan Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian Via Website. Diakses pada tanggal 20 Maret 2022.

Info Jabodetabek (2019). Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk Jabodetabek. Diakses pada tanggal 12 Desember 2021, dari https://www.infojabodetabek.com/luas-wilayah-dan-jumlah-penduduk-jabodetabek/

Jalilvand, R. (2012). The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention, Marketing Intellegence and Planning. Vol 30 No.4 hal 460 – 476

Johnson, K, K. (2015). Positive Word of Mouth for Mobile Location Based Services Retail Apss Usage. International Journal of Mobile Communications. Diakses pada 18 Maret 2022, dari https://www.inderscienceonline.com/doi/pdf/10.1504/IJMC.2015.072055

Junusi, R, E. (2020). Digital Marketing During the Pandemic Period: A Study of Islamic Perspective. (Universitas Islam Negeri Walisongo). Diakses pada tanggal 25 Maret 2022, dari https://journal.walisongo.ac.id/index.php/JDMHI/article/view/5717/2714

Khadijah. (2020). Perkembangan Jiwa Keagamaan Pada Remaja. Jurnal Al-Taujih. Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami 6. Diakses pada 20 Juli 2022, dari https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/

Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kurniawati, H, A, Winarno, W, A dan Arif, A. (2017). Analisis Minat Pengguna Mobile Banking dengan Pendekatan Technology Acceptancce Model (TAM) yang Telah Dimodifikasi. (Universitas Jember). Diakses pada tanggal 28 Maret 2022, dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/e-JEBAUJ/article/view/4563/3374

Litequran (2021). Surat Ar-Rad. Diakses pada tanggal 25 Desember 2021, dari https://litequran.net/ar-rad

Nurdin, I dan Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia

Nurdinia, I. R. (2020). “Pengaruh Promosi Media Digital, Pengetahuan, dan Word of Mouth Keluarga terhadap Minat Mengambil Pembiayaan Murabahah pada Bank Umum Syariah di Kota Bekasi”. (Skripsi Terapam Politeknik Negeri Jakarta,2020)

Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (2021). Statistik Perbankan Syariah OJK per Agustus 2021. Diakses pada tanggal 15 November 2021 dari https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/default.aspx

Otoritas Jasa Keuangan Indonesia. (2021). Transaksi Internet Banking dan Moile Banking. Diakses pada tanggal 29 Maret 2022, dari https://www.ojk.go.id/

Prihastomo, Wiji. (2020). “Analisis Efektivitas Advertising dan Direct Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pegadaian Syariah”. (Skripsi Terapan, Politeknik Negeri Jakarta,2020)

Putranti, H, R, D. Electronic Word of Mouth (E-WOM), Kepuasan Konsumen, dan Pengaruh Langsung dan Tak Langsung terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Mahasiswa FEB UNTAG di Semarang). Media Ekonomi dan Manajemen. Diakses pada 9 April 2022

Rahayu, I. S. (2016). Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus PT Bank SYariah Mandiri Cabang Yogyakarta). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia). Diakses pada 01 Desember 2021, dari https://doi.org?10.21927/jesi.2015/.5(2).137-150

Rohmah, SM. (2017). Pengaruh Pengetahuan, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pebiayaan Murabahah pada Anggota BMT Buana Mulursukoharjo. Surakarta. Institut Agama Islam Negeri Sirakarta.

Ryan, D dan Calvin Jones. (2009). Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging Digital Generation. London: Kogan Page Limited

Saidani, B dan Sudiarditha, I. (2019). Marketing Mix-7ps: The Effect on Customer Satisfaction. (Universitas Negeri Jakarta). Diakses pada tanggal 14 Maret 2022, dari http://journal.unj/unj/index.php/jpeb

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sekaran, Uma, Bougie, Roger. (2020). Research Methods for Business: A Skill Building Approach. Edisi 8. Hoboken: Wiley.

Sernovitz, A. (2012). Word of Mouth Marketing, How Smart Companies Get People Talking. Third Edition. United States of America: Greenleaf Book Group Press

Setiadi, N.J. 2013. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Revisi. Jakarta: Kencana

Setiawan, E. dan Septiani, S. (2018). Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Moda Transportasi Grab di Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia. Diakses pada 30 Maret 2022 dari https://journal.apmai.org/v2/index.php/jmkli/article/view/24/21

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi, 33. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supranto, J dan Limakrisna, N. (2011). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran: Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Lumajang: Mitra Wacana Media

Suryyati, Lili. (2015). Manajemen Pemaasaran; Suatu Strategi dalam Meningkatkan LoyalitasPelanggan. Perpustakaan Nasional RI: Deepublish.

Top Brand Award. (2021). Top Brand Index 2021 Kategori E-Channel Fase I 2021. Diakses pada tanggal 20 Maret 2021 dari https://www.topbrand-award.com/en/top-brand-index-int/

Wibowo, R dan Febrianto, R, A, (2021). Pengaruh KEcerdasan Spiritual dan Disiplin terhadap Kinerja Guru di SD Al Firdaus Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika. Diakses pada tanggal 27 Maret 2022 dari https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/1418

Wulandari, N, P dan Moeliono, N, K. (2017). Analisis Faktor-Faktor Penggunaan Layanan Mobile Banking di Bandung. (Universitas Telkom). Diakses pada tanggal 28 Maret 2022, dari https://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/bistek/article/view/90

Yuliasari, Ayuk. 2020. “Pengaruh Technology Acceptance, Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan Dimensi Kualitas Produk Mobile Banking terhadapa Loayalitas Nasabah dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Boyolali)”. Diakses pada tanggal 30 November 2021, dari Perpustakan IAIN Salatiga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.