ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET DANA SEBAGAI SISTEM PEMBAYARAN (STUDI KASUS MAHASISWA DI JAKARTA)


Shafira Azzahra, Agus Supriyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, persepsi keamanan, persepsi kemudahan, pengaruh sosial, brand image dan perilaku konsumtif pada keputusan penggunaan E-Wallet DANA. Penelitian menggunakan data primer yang diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan mahasiswa pengguna E-Wallet DANA di Jakarta dengan menggunakan teknik non-probability purposive sampling. Teknik analisis data yang dipakai adalah regresi linear berganda dengan alat bantu analisis SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan, persepsi keamanan, persepsi kemudahan, pengaruh sosial, dan brand image secara parsial berpengaruh signifikan pada terhadap keputusan penggunaan E-Wallet DANA. Sedangkan perilaku konsumtif tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan E-Wallet DANA. Selain itu, berdasarkan hasil uji simultan menunjukan bahwa persepsi persepsi kepercayaan, persepsi keamanan, persepsi kemudahan, pengaruh sosial, dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan E-Wallet DANA. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi PT Espay Debit Indonesia (DANA) sebagai tambahan acuan dalam menyelidiki faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan dalam memilih E-Wallet DANA.

Kata-Kata Kunci: Kepercayaan, Persepsi Keamanan, Persepsi Kemudahan, Pengaruh Sosial, Brand Image, Perilaku Konsumtif, Keputusan Penggunaan, E-Wallet DANA


Full Text:

PDF

References


Alistriwahyuni, N. (2019). PENGARUH PROMOSI PENJUALANI, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN FITUR LAYANAN i-SAKU. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Volume 07 No 02 Tahun 2019.

Bank, I. ((2016, November 9)). Peraturan Bank Indonesia No.

Isnain Putra Baskara, G. T. (2014). ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN, KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI AKAN RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SITUS JEJARING SOSIAL (SOCIAL NETWORKING WEBSITES) (Studi Pada Mahasiswa di Kota Semarang). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro.

Khafiyah, N. (2019). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai Uang Elektronik Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi OVO.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran Edisi Sebelas, Jilid 1.

Patel, K. J. (2016). Adoption of Internet Banking Services in Gujarat: An Extension of TAM with Perceived Security and Social influence. . International Journal of Bank Marketing, 36(1), , 147–169.

Priambodo, S. &. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang) .

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wibowo, S. F. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline di Jakarta). JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), , 440-456.

Widiartanto, A. I. (2019). PENGARUHPERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN OVO PT VISIONET DATA INTERNASIONAL (STUDI PADA PENGGUNA OVO DI KOTA SURAKARTA). Departemen Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.