Pengaruh Edukasi, Motivasi, dan Persepsi Risiko terhadap Minat Investasi Reksadana (Studi Kasus Pelajar SMA Malahayati, Jakarta Timur)


Afifah Ika Maulidya, Ali Masjono Muchtar

Abstract


Fenomena investasi bodong yang sedang marak yaitu Affiliator Binary Option kini sudah menjadi hal yang sering terdengar di sosial media dilakukan oleh beberapa influencer yang melakukan flexing kekayaannya atau biasa disebut dengan Crazy Rich Indonesia. Flexing yang dilakukan oleh oknum investasi bodong ternyata cukup mendapat banyak respon dari masyarakat awam, sehingga mereka tertarik untuk ikut berinvestasi namun tanpa didasari oleh pengetahuan serta analisis terhadap produk yang diinvestasikan sehingga tidak sedikit masyakarat yang mengalami kerugian besar. Sehingga dalam penelitian ini dapat dirumuskan bahwa bagaimana faktor yang mempengaruhi minat investasi seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh edukasi, motivasi, dan persepsi risiko terhadap minat investasi.

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes.

Ajzen, I., & Fishbein, M. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior : An Introduvtion to Theory and Reasearch. MA : Addison - Wesley.

Darmawan, A., Kurnia, K., & Rejeki, S. (2019). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan, dan Linkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan.

Dewi, M. P., Tamansari, N. M., & Santini, N. M. (2020). Pengaruh Edukasi Pasar Modal Terhadap Persepsi Risiko dan Minat Berinvestasi Masyarakat. KRISNA, 190-196.

Djajadi, I. (2022, Januari 25). Investor di BEI Tembus 7,75 Juta, Didominasi Milenial & Gen-z. (S. Sidik, Interviewer) cnbcindonesia.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rinek Cipta.

Efferin, S. (2006). Knowledge Economy, Knowledge Management, dan Akuntansi : Prospek dan Tantangan. Jurnal Akuntansi dan Teknologi Informasi Universitas Surabaya.

Gani, I., & Amalia, S. (2015). Alat Analisis Data : Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Pustaka UNDIP.

Gunawan, R. S. (2019). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi dalam Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus : Galeri Investasi Syariah (GIS) IAIN Curup).

Haekal, Azwar, & Bambang, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Membeli Secara Online pada Pengunjung Website Classsifieds di Indonesia. Jurnal of Business Management Education (JBME).

Halim, A. (2005). Analisis Investasi. Jakarta: Salemba Empat.

Hanifah, N., & Ridla, M. R. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga dan Religiusitas terhadap minat Muzaki untuk Menyalurkan Zakat Profesi (studi di Pos Keadilan Peduli Ummat Yogyakarta). Jurnal MD.

Hasanah, F., Wahyuningtyas, E. T., & Susesti, D. A. (2022). Dampak Motivasi Investasi, Persepsi Risiko, Literasi, dan Efikasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal. AKUNESA: Jurnal Akuntansi Unesa.

Hikmah, & Rustam, T. A. (2020). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan, dan Persepsi Risiko Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi pada Pasar Modal. Jurnal Manajemen dan Keuangan.

Kongah, M. N. (2022, Maret 12). Soal Investasi Bodong, PPATK : Kejahatan Terlihat dari Pola Hidup Pelaku. (F. A. Hafiez, Interviewer) Medcom.id.

Kusmawati. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal Dengan Pemahaman Investasi dan Usia Sebagai Variabel Moderat. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS).

Listyani, T. T., Rois, M., & Prihati, S. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Modal Investasi Minimal dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal (Studi Pada PT Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang. Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan.

Mahyarni, D. (2013). Theory of Reasoned Action dan Theory of Planned Behavior ( Sebuah Kajian Historis Tentang Perilaku). jurnal El-Riyasah, 13-23.

Nasution, M. E., & Huda, N. (2019). Investasi pada Pasar Modal Syariah.

Nizar, C., Hamzah, A., & Syahnur, S. (2013). Pengaruh Investasi dan Tenaga Pertumbuhan Ekonomi Serta Hubungan Terhadap Tingkat Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pascasarjana Universitas Syah Kuala , 3.

Notoatmodjo, P. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan.

Nurliza, Pitri, & Erisya, Y. ( 2021). Pengaruh Manfaat, Modal, Motivasi, dan Edukasi Terhadap Minat dalam Berinvestasi di Pasar Modal.

Pajar, Chaerul, R., & Pustikaningsih, A. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal pada Mahasiswa FE UNY. Jurnal Profita : Kajian Ilmu Akuntansi .

Prasetyo, U. B. (2022, February 10). OJK:Kerugian Akibat Investasi Bodong Capai Rp117 Triliun dalam 10 Tahun Terakhir. (A. R. Hakim, Interviewer) Liputan6. Retrieved from www.idx.co.id

Prasini, N. K., & Herawati, N. T. (2022). Pengaruh Motivasi, Modal Investasi Minimal dan

Persepsi Risiko Terhadap Minat Mahasiswa Unversitas Negeri di Bali Untuk Berinvestasi

Pada Masa Pandemic Covid-19 (Studi Kasus Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha dan Universitas Udayana). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha.

Prasini, N. S., & Herawati, N. T. (2022). Pengaruh Motivasi, Modal Investasi Minimal, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Mahasiswa Universitas Negeri di Bali untuk Berinvestasi Pada Masa Pandemic Covid-19 (Studi Kasus Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha dan Universitas Udayana). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha.

Priyatno, D. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Mediakom.

Putra, D. E. (2003). Berburu Uang di Pasar Modal. Semarang: Effhar.

Saputra, D. (2018). Pengaruh manfaat, modal, motivasi dan edukasi terhadap minat dalam berinvestasi di Pasar Modal. Future : Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 178-190.

Septian, W., Hasnawati, D., & Herdrawaty, D. (2022). Impact of Behavior Factors among Indonesian Individual Investor Towards Investment Decision during Covid-19 Pandemic. IOZR Journal of Economics and Finance, 43-52.

Simatupang, M. (2010). Pengetahuan Praktis Investasi Saham dan Reksadana. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif : dilengkapi dengan perhitungan manual dan aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Sitinjak, J., & Sugiharto. (2006). LISREL. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soemanto, W. (2009). Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarmanto, R. (2005). Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kunatitatif, Kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Tendelilin, E. (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. Yogyakarta: BPFE.

Wardani, D., & Komara, E. (2018). Faktor Pengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Perbankan, 90-101.

Yuwono, R. (2011). Pengaruh Karakteristik Investor Terhadap Besaran Minat Investasi Saham di Pasar Modal. Jakarta: Universitas Indonesia.

Zvi, B., Alex, K., & Marcus, A. J. (2011). Investment. United States: McGraw-Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.