Peran Digital Fundraising Terhadap Peningkatan Jumlah Muzakki (Studi Kasus Pada Dompet Dhuafa)


Amanda Salsabilah Dythia, Dede Abdul Fatah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi, efektivitas dan peningkatan jumlah muzakki dengan adanya digital fundraising di Organisasi Pengelola Zakat Dompet Dhuafa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan metode analisis data Triangulasi: pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan penelitian. Data yang digunakan merupakan data primer hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa sistem digital fundraising berhasil menaikan jumlh muzakki pada tahun 2018 dan 2019. Namun, terdapat penuruan pada tahun berikutnya yaitu tahun 2020 dan 2021. Di sisi lain sistem digital fundraising sangat memudahkan Dompet Dhuafa dalam pendataan konfirmasi donasi dan meringankan pekerjaan admin staf.

Full Text:

PDF

References


Ari, Y. W. (2013). Efektivitas Pelaksanaan Peraturan Daerah Perpajakan dan Retribusi Daerah Dalam Memperoleh Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Supiori Provinsi Papua.

Basrowi, & Utami, P. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Peningkatan Penerimaan Zakat, Jumlah. AL-URBAN: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, 4.

BPS. (2021). Jumlah Perguruan Tinggi, Mahasiswa, dan Tenaga Edukatif (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi DKI Jakarta 2019-2021. Retrieved from jakarta.bps.go.id: https://jakarta.bps.go.id/indicator/28/481/1/jumlah-perguruan-tinggi1-mahasiswa-dan-tenaga-edukatif-negeri-dan-swasta-di-bawah-kementerian-riset-teknologi-dan-pendidikan-tinggi-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-dki-jakarta-2017-2018.html

Furqon, A. (2015). Manajemen Zakat. Semarang: Karya Abadi Jaya.

Rahmatullah, & Putra, B. R. (2020). Digital fundraising Model of Cash Waqf. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol.6(no.3), h.1.

Suhardono, E. (1994). Teori Peran (Konsep, Derivasi dan Implikasinya). Jakarta: Gramedia Pustka.

Susilawati, N. (2018). ANALISIS MODEL FUNDRAISING ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH. 4(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.