Pengaruh Halal Awareness dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Tokopedia di Indonesia


Ananda Nabilah Aprilliani, Nurul Hasanah

Abstract


Indonesia sebagai negara yang mayoritas beragama Islam menjadi salah satu potensi terbesar yang mendukung peningkatan pergerakan ekonomi syariah di Indonesia, dengan salah satu bentuk kontribusi melalui kegiatan belanja produk-produk halal di e-commerce . Tokopedia menjadi salah satu e-commerce  Indonesia yang menghadirkan segmen khusus produk halal bernama Tokopedia Salam (Halal Corner). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh halal awarness dan label halal produk terhadap keputusan pembelian pada e-commerce  Tokopedia. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden daerah DKI Jakarta dengan metode regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa halal awareness dan label halal memiliki korelasi positif terhadap keputusan pembelian, namun hanya label halal yang memiliki pengaruh signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi serta masukan bagi e-commerce  Tokopedia untuk memberikan informasi pengetahuan seputar halal awareness kepada konsumen.

Full Text:

PDF

References


Ambali AR, BakarAN.(2014). People’s Awareness on Halal Foods and Products: Potential Issues for Policy-Makers. Procedia -Social and Behavioral Sciences.121:3 –25.

Ambali, A.R. and Bakar, A.N. (2013). Ḥalāl food and products in Malaysia: People’s awareness and policy implications, Intellectual Discourse, vol. 21, no. 1.

Aspan, M., Lubis, S., & Erdawati. (2017). Religiusity Moderation on The Effect of Sharia Label Equity In Desicion of Selecting Sharia Bank Mandiri Product in West Pasaman. Journal of Social and Economics Research, 72-84.

Aulia, S. G. B. et al. (2018). Perilaku Konsumsi Fast Food Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, 3(1), 130–139.

Dedy Ansari, dan Era, Dita. (2018), Prilaku Belanja Online Di Indonesi; Studi Kasus, Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol 9, No 2

Farlina., Zurina Shafii., & Syahidawati Shahwan. (2015). Awareness and Perception of Muslim Consumers on Halal Cosmetics and Personal Care Products. International Journal of Business, Economics and Management, 2(1), 1-2.

Kotler, P dan K.L Keller (2016) . Manajemen pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Pramintasari, T. R., & Fatmawati, I. (2017). Pengaruh Keyakinan Religius, Peram Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1-33

Premi, wahyuni widyaningrum. (2019). Pengaruh label halal, kesadaran halal, iklan dan celebrity endorser terhadap minat pembelian kosmetik melalu variabel persepsi sebagai mediasi, jurnal ekonomi dan manajemen, vol. 2, nomor 2.

Wisnu, Hendri Hermawan, Wikan Isthika dan Mila Sartika. (2020). Persepsi Label Halal Bagi Remaja Sebagai Indikator Dalam Keputusan Pembelian Produk: As a Qualitative Research. Perisai; Islamic Banking and Finance Journal. Vol. 1 No. 3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.