ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM SENYUM MANDIRI RUMAH ZAKAT BOGOR TERHADAP PERUBAHAN INDEKS KEMISKINAN MUSTAHIK


Dwiki Rafsanjani, Abdillah Abdillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendayagunaan zakat produktif terhadap perubahan indeks kemiskinan mustahik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah metode efektivitas dana zakat dan analisis indeks kemiskinan yaitu Headcount Ratio Index (H), Poverty Gap Index (P1), Income Gap Index (I), Sen Index Of Poverty (P2). Sampel dalam penelitian ini adalah mustahik pada program Senyum Mandiri Rumah Zakat. Jumlah Aset, Omset, dan Keuntungan usaha mustahik mengalami peningkatan persentase secara rata-rata dari sebelum dan sesudah mengikuti program Senyum Mandiri. Sedangkan untuk tingkat kemiskinan mengalami penurunan indeks kemiskinan dilihat dari nilai Headcount Ratio Index (H) sebelumnya 0.95 turun menjadi 0.2, nilai Poverty Gap Index  (P1) yang sebelumnya Rp 112.817 turun menjadi -Rp 78.165, nilai Income Gap Index (I) yang sebelumnya 0.01474 turun menjadi -0.05018, dan nilai Sen Index Of Poverty (P2) yang sebelumnya 0,38840 turun menjadi 0,07398. Hal ini berarti bahwa pendayagunaan dana zakat produktif oleh Rumah Zakat  berdampak positif kepada pengentasan kemiskinan. Dari 38 orang mustahik yang termasuk kartegori miskin terdapat 6 orang mustahik yang mengalami peningkatan, artinya 48% mengalami penurunan indeks kemiskinan.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Nasional, (2021). Kabupaten dengan jumlah penduduk miskin terbanyak Nasional 2021. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik.

Kementrian Dalam Negri,(2021). Penduduk Indonesia Beragama Islam. Jakarta Pusat: Kementrian Dalam Negri.

Harniati. (2010). Program - Program Sektor Pertanian yang Berorientasi Penanggulangan Kemiskinan. Bogor : Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijkan Pertanian Departemen Pertanian.

Rejekiningsih, Tri Wahyu (2011). Identifikasi Faktor Penyebab Kemiskinan di Kota Semarang Dari Dimensi Kultural. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol 12. No. 1. Semarang: Universitas Diponegoro.

Pemerintah Republik Indonesia. (2011). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 23 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT. Jakarta.

Bariyah, Oneng Nurul. (2012). Total Quality Management Zakat (Prinsip dan Praktir Pemberdayaan Ekonomi). Jakarta: Penerbit Wahana Kardofa.

Pemetintah Republik Indonesia. (2004). UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 24 TAHUN 2004 TENTANG KEMISKINAN. Jakarta.

Sartika, Mila (2008). Pengaruh Pendayagunaan Zakat Produktif terhadap Pemberdayaan Mustahiq pada LAZ Yayasan Solo Peduli Surakarta. Jurnal Ekonomi Islam La Riba. Vol. 2 No. 1. Solo

Nauval, Rizky. (2015). Analisis Efektivitas Pendanaan Dana Zakat Produktif Terhadap Perkembangan Umkm Di Kota Bogor [Skripsi]. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Widiastuti, Tika (2015). Model Pendayagunaan Zakat Produktif Oleh Lembaga Zakat Dalam Meningkatkan Pendapatan Mustahiq. Jurnal JEBIS. Vol. 1 No. 1. Surabaya: Universitas Airlangga.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Beik, Irfan Syauqi. (2009). Analisis Peran Zakat dalam Mengurangi Kemiskinan :Studi Kasus Dompet Dhuafa Republika. Jurnal Pemikiran dan Gagasan. 2(2).

Moleong, Lexy J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.