Pengaruh Media Sosial dan Keterlibatan Organisasi Terhadap Literasi Wakaf Uang pada Generasi Z (Studi Kasus pada Mahasiswa di DKI Jakarta)


Refi Duwiyanti, Dede Abdul Fatah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari media sosial dan keterlibatan organisasi secara parsial dan simultan terhadap literasi wakaf uang pada generasi Z. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kuantitatif dengan bantuan program statistik SPSS versi 26. Penelitian ini menggunakan sumber data primer, bersumber dari kuesioner yang dibagikan kepada 100 orang responden mahasiswa generasi Z di wilayah DKI Jakarta dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian dengan regresi linear berganda menunjukkan bahwa media sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap literasi wakaf uang generasi Z. Sedangkan keterlibatan organisasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap literasi wakaf uang pada generasi Z. Secara simultan, media sosial dan keterlibatan organisasi berpengaruh terhadap literasi wakaf uang pada generasi Z.

Full Text:

PDF

References


Afifuddin, N., Rosidah, L., & Sutrisno, E. (2021). Sejarah Perkembangan Wakaf dalam Perspektif Hukum Islam dan Peraturan Perundang-Undangan. Sukabumi: Jejak.

Andriani, A. E., & Sulistyorini, S. (2022). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1), 63-70.

Badan Wakaf Indonesia, Pusat Kajian Strategis BAZNAS & Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020). Laporan Hasil Survey Indeks Literasi Wakaf 2020. Jakarta: Badan Wakaf Indonesia.

Baskoroputra, G. F. (2019). Analisa Tingkat Literasi Wakaf Uang Dan Pengaruhnya Pada Persepsi Wakaf Uang (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 7(2), 1-13. Retrieved from https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5739

BPS. (2020). Hasil Sensus Penduduk 2020. Jakarta: BPS.

BPS. (2021). Jumlah Perguruan Tinggi, Mahasiswa, dan Tenaga Edukatif (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi DKI Jakarta 2019-2021. Retrieved from jakarta.bps.go.id: https://jakarta.bps.go.id/indicator/28/481/1/jumlah-perguruan-tinggi1-mahasiswa-dan-tenaga-edukatif-negeri-dan-swasta-di-bawah-kementerian-riset-teknologi-dan-pendidikan-tinggi-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-dki-jakarta-2017-2018.html

Choiriyah. (2017). WAKAF PRODUKTIF DAN TATA CARA PENGELOLAANNYA. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 2(2), 25-34. doi:https://doi.org/10.36908/isbank.v2i2.29

Cupian, & Najmi, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Persepsi Masyarakat Terhadap Wakaf Uang di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(02), 151-162. doi:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1045

Ekawaty, M., & Muda, A. W. (2015). Wakaf Uang: Tingkat Pemahaman Masyarakat dan Faktor Penentunya (Studi Masyarakat Muslim Kota Surabaya, Indonesia). IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 11(2), 1-28. doi:https://doi.org/10.18860/iq.v11i2.3704

Fauzi, V. P., & Lubis, E. E. (2016). PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING ER-CORNER BOUTIQUE DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS DI KOTA PEKANBARU. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 3(1), 1-15.

Hakiki, M. F., Asrofi, M., & Julendra, A. K. (2020). Waqf Edumedia: Social Media as a Means of Developing Waqf Literacy in Indonesia. Journal of Islamic Economic Scholar, 1(3), 228-238. doi:https://doi.org/10.14421/jies.2020.1.2.%25p

Hasim, K., Lubis, D., & Ali, K. M. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penghimpunan Wakaf Uang di Indonesia (Pendekatan Analytical Network Process). Jurnal al-Muzara’ah, 127-141.

Humas BWI. (2021, Februari 5). Menelisik Manfaat Potensi Wakaf Uang untuk Bantu Kaum Dhuafa. Retrieved from bwi.go.id: https://www.bwi.go.id/5926/2021/02/05/menelisik-manfaat-potensi-wakaf-uang-untuk-bantu-kaum-dhuafa/

Irawan, M. A. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Terhadap Wakaf Uang (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Brawijaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Ekonomi Islam). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 9(1), 1-17. Retrieved from https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7110

Janie, D. N. (2012). Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press.

K. Lubis, S., Nasution, H. M., Hasanah, U., Othman, R., Ghani, R. A., Salleh, M. S., . . . Bandar, S. M. (2010). Wakaf dan Pemberdayaan Umat. Jakarta: Sinar Grafika.

Qolbi, R. N. (2021). Gerakan Wakaf Kampus: Optimalisasi Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) Di Lingkungan Kampus Menuju SDGs. Al-Awqaf: Jurnal Wakaf dan Ekonomi Islam, 14(1), 65-86. doi:https://doi.org/10.47411/al-awqaf.v14i1.135

Rozalinda. (2015). Manajemen Wakaf Produktif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sakitri, G. (2021). "SELAMAT DATANG GEN Z, SANG PENGGERAK INOVASI!". Forum Manajemen, 35(2), 1-10.

Setiadi, A. (2016). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK EFEKTIFITAS KOMUNIKASI. CAKRAWALA, 16(2). doi:https://doi.org/10.31294/jc.v16i2.1283


Refbacks

  • There are currently no refbacks.