Strategi Peningkatan Ekspor Produk Makanan Halal Pada UKM di Kota Bogor


Luthfiah Karim, Ida Syafrida

Abstract


Dalam rangka mendorong tingkat ekspor produk halal di Indonesia, pemerintah berfokus pada penguatan koordinasi Kementerian/Lembaga beserta pelaku UKM Ekspor dan pemangku kepentingan terkait lainnya. Kota Bogor memiliki potensi ekspor UKM produk makanan halal serta keunggulan akan produk yang bernilai budaya dan cukup banyak, namun saat ini pelaku ekspor UKM masih sangat sedikit. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti sejauh mana strategi peningkatan ekspor produk halal pada UKM di Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT dengan mengetahui faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dariĀ  UKM produk makanan halal di Kota Bogor. Responden penelitian melibatkan pihak Dinas Koperasi UMKM dan Industri Perdagangan Kota Bogor, LPPOM MUI, dan pelaku UKM eskpor produk makanan halal di Kota Bogor. Hasil analisis penelitian menunjukan pemerintah Kota Bogor dapat menjaga dan mempertahankan stabilitas kegiatan yang saat ini ada untuk melakukan pembinaan dan bimbingan untuk membuka orientasi ekspor produk makanan halal pada UKM agar menghadirkan pelaku UKM ekspor lainnya. Selain itu pihak UKM dapat terus memanfaatkan fasilitas pemerintah yang ada untuk mengembangkan produk agar dapat bersaing masuk ke dalam pasar global.

Full Text:

PDF

References


Aliyya. (2020). Industri Halal di Dunia Serta Potensi Dan Perkembangannya di Indonesia. IBEC FEB UI.

Ariesta, A. (2021, September 22). Indonesia Bakal Jadi Produsen Produk Halal Terbesar Dunia. Retrieved from idxchannel: https://www.idxchannel.com/syariah/indonesia-bakal-jadi-produsen-produk-halal-terbesar-dunia

BPS. (2022). Berita Resmi Statistik ; Perkembangan Ekspor dan Impor Indonesia Juni 2022. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Ihram. (2021, Januari). Ekspor Produk Halal Bisa Tingkatkan Pemulihan Ekonomi Nasional. Retrieved from ihram.co.id: https://ihram.co.id/amp/r6fvun430/ekspor-produk-halal-bisa-tingkatkan-pemulihan-ekonomi-nasional

Karim, I. (2019). OPTIMALISASI PENGEMBANGAN PRODUK CORE COMPETENCE PADA USAHA WAJIK LOKAL MANDAR SEBAGAI ALTERNATIF PENDAPATAN. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Informatika.

Kemenperin. (2021, Juni). Kemenperin Pacu IKM Pangan Jawa Barat Ciptakan Peluang Besar Pasar Lokal dan Global. Retrieved from PressRelease.id: https://pressrelease.kontan.co.id/release/kemenperin-pacu-ikm-pangan-jawa-barat-ciptakan-peluang-besar-pasar-lokal-dan-global?page=all

KNEKS. (2021). UKM Produk Halal, dari Indonesia untuk Dunia. Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah. Jakarta: Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah.

Lamin Etam. (2021, September). Makanan Halal. Retrieved from Laman Informasi Ekonomi Komoditas Kaltim: https://laminetam.id/informasi/makanan-halal

Musthafa Syukur, Y. F. (2022). Strategi Manajemen Produksi Dalam Meningkatkan Profitability Provider Perspektif Islam. Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan 6(1), 16-31.

SGIE. (2021). State of the Global Islamis Economy Report 2019-2021. Dubai: Dinar Standard.

SGIE. (2022). State of the Global Islamic Economy Report : Unlocking Opportunity. Dubai: Dinar Standard.

Siregar, R. A. (2018). Penanganan Pembiayaan Bermasalah Mikro 75ib Di Bank BRI Syariah Kcp Rantau Prapat. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Subekti, W. (2022, April). Pengertian Daerah Pabean. Retrieved from Wibowo Pajak: https://www.wibowopajak.com/2014/12/pengertian-daerah-pabean.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.