Pengaruh Pengetahuan Dan Kepercayaan Pelaku Umkm Depok Terhadap Minat Pembiayaan Melalui Bank Pembiayaan Rakyat Syariah


Adnan Alghani, Bambang Waluyo

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengaruh pengetahuan dan kepercayaan para pelaku UMKM di Kota Depok terhadap minat untuk melakukan pembiayaan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). UMKM memiliki peranan yang penting dalam pertumbuhan perekonomian juga menjadi salah satu sektor usaha yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional serta dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat, khususnya para pelaku usaha tersebut. UMKM di Indonesia mengalami kenaikan dilihat dari tahun 2017 dengan jumlah 62.922.617 menjadi 64.194.057 pada tahun 2018. Berdasarkan hasil pra-survei yang dilakukan pada pelaku UMKM di Kota Depok masih  banyak yang belum mengetahui layanan pembiayaan yang diberikan oleh BPRS. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui dari sisi pengetahuan dan kepercayaan pada pelaku UMKM di daerah Depok  terhadap minat menggunakan layanan pembiayaan BPRS. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer  yang diperoleh dari 60 responden pelaku UMKM daerah Depok menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini  menunjukkan bahwa  pengetahuan dan kepercayaan pelaku UMKM di daerah Depok masing-masing berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan layanan pembiayaan BPRS. Selain itu, pengetahuan dan kepercayaan pelaku UMKM di daerah Depok secara simultan juga berpengaruh terhadap minat menggunakan layanan pembiayaan BPRS.

Full Text:

PDF

References


Aziz, A. (2020). PERAN BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) DALAM PENGEMBANGAN. Jurnal Pengkajian Penelitian Ekonomi dan Hukum Islam Desember 2020), Vol:5, No:2.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Husaeni, U. A. (2017). Determinan Pembiayaan Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Di Indonesia. Jurnal Bisnis .

KBBI. (2016). Retrieved from KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Keller, K. &. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanusi. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemohadiwidjojo. (2018). SOP & KPI Untuk UMKM & Start Up. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Sudarsono, H. (2013). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustrasi,. :Ekonisia, edisi kedua, 84.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Ulya, Z. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Promosi terhadap Minat UMKM Mengambil Pembiayaan Perbankan Syariah di Kota Langsa. JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN.

Wulandari, E. (2021). PENGETAHUAN PETANI KENTANG TERHADAP PROSEDUR PEMBIAYAAN SYARIAH DI KECAMATAN PASIRWANGI, KABUPATEN GARUT . Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 607-616.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.