Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, dan Pengetahuan Produk terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital (Studi Kasus Produk Layanan Syariah LinkAja pada Generasi Z di Kota Bekasi)


Azma Nadhilah, Nurul Hasanah

Abstract


Layanan Syariah LinkAja merupakan dompet digital syariah pertama dan satu-satunya di Indonesia. Dalam perjalanannya, Layanan Syariah LinkAja semakin berkembang. Namun perkembangan ini belum dapat dikatakan optimal jika dibandingkan dengan dompet digital lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, kepercayaan, dan pengetahuan produk terhadap minat menggunakan Layanan Syariah LinkAja. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan ukuran sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian dengan uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa kepercayaan dan pengetahuan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan Layanan Syariah LinkAja, sedangkan persepsi kemudahan tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan Layanan Syariah LinkAja. Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi Layanan Syariah LinkAja dalam menyusun strategi untuk meningkatkan minat menggunakan Layanan Syariah LinkAja.


Full Text:

PDF

References


Achadi Ady, & Winarto, Hari. (2020). Pengaruh Pengetahuan Produk, Persepsi Resiko dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Mengunakan Layanan Go Pay pada Pelanggan Go Jek. Majalah Ilmiah Manajemen dan Bisnis 17, no. 1: 15.

CNBC Indonesia. (2021). Kado Milad ke-1, Pengguna LinkAja Syariah Tembus 2,5 Juta. Diakses pada 20 Mei 2022, dari https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210415234720-37-238291/kado-milad-ke-1-pengguna-linkaja-syariah-tembus-25-juta

Ernawati dan Noersanti. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat , Kemudahan. 1–15. Fatima, A. (2011). E-banking security issues-Is there a solution in biometrics? Journal of Internet Banking and Commerce.

Ferdinand. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Ipsos. (2020). Evolusi Industri Dompet Digital: Strategi Menang Tanpa Bakar Uang. Retrieved from Ipsos: https://www.ipsos.com/sites/default/files/ct/news/documents/2020- 02/ipsos_-_press_release_-_indonesian.pdf

Ishaya, dan Salis (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Transaksi dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Dalam Jurnal lentera Bisnis LP3I, ISSN: 2252-9993.Jakarta.

Koloseni. (2017). Why mobile money users keep increasing? Investigating the continuance usage of mobile money services in Tanzania. Journal of International Technology and Information Management 26 (2). https://scholarworks.lib.csusb.edu/jitim/vol26/iss2/6

Maharani. (2010). Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. Fakultas Ekonomi. Undip. Semarang. Jurnal Manajemen Pemasaran. 1 (2). 44-49.

Maulana, Maftukhatushalikhah, dan Azwari. (2021). Penggunaan Digital Payment Syariah Pada Masyarakat Di Kota Palembang: Pendekatan Teori Technology Acceptance Model (TAM) pada Layanan Syariah LinkAja. Jurnal Intelektualita. Vol 10, No. 1.

Nurdin, Azizah, dan Rusli. (2020). Pengaruh Pengetahuan,Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(2), 199–222. https://doi.org/10.24239/jipsya.v2i2.32.198-221

Peter J. Paul dan Olson Jerry C. (2010). Consumer behavior and Marketing Strategy 9th ed. New York. USA : Mc. Graw Hill.

Pham, Tv., Hoang, NY. N., & Do, H. (2021). The “e-Wallet Generation”: How Barriers and Promoting Factors Influence Intention to Use. The Review of Socionetwork Strategies Volume, 15, 413–427.

Priporas, Constantinos Vasilios, Nikolaos Stylos, and Anestis K. Fotiadis. 2017. “Generation Z Consumers’ Expectations of Interactions in Smart Retailing: A 77: https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.01.058.

Sari, Listiawati, Novitasari, dan Vidyasari. (2019). Analisa Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan terhadap Minat Penggunaan E-Wallet. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 126–134.

Turner. (2015). Generation Z: Technology and Social Interest. The Journal of Individual Psychology. 71(2), 103–113.

Walfajri. (2021). Di tengah pandemi, pengguna LinkAja tumbuh 65% menjadi 61 juta pengguna di tahun 2020. Diakses pada 20 Mei 2022, dari https://keuangan.kontan.co.id/news/di-tengah-pandemi-pengguna-linkaja-tumbuh-65-menjadi-61-juta-pengguna-di-tahun-2020

Yogananda dan Dirgantara (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal of Management. Vol.6, No. 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.