Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Wilayah Depok)


Fatimah Azzahra, Ach. Bakhrul Muchtasib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembetian reward dan punishment terhadap kinerja karyawan Bank Syariah Indonesia Wilayah Depok. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Analisis pada penelitian ini yaitu menggunakan data kuantitatif. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teori rescoe. Sampel yang diperoleh yaitu sebanyak 50 responden. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan uji T (parsial) bahwa reward tidak berpengaruh sebesar 0,157 dan signifikan 0,876 terhadap kinerja karyawan, hal ini menunjukkan bahwa reward tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Punishment berpengaruh sebesar 3,013 dan signifikan sebesar 0,004 terhadap kinerja karyawan, hal ini menunjukkan bahwa punishment berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil uji koefisien determinasi (R2) diketahui sebesar 0,558 yang artinya bahwa variable-variabel independen, yaitu reward dan punishment berpengaruh terhadap variable dependen, yaitu kinerja karyawan sebesar 55,8% dan sisanya sebesar 44,2% yang dipengaruhi oleh variable-variabel lain diluar model penelitian.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. Bps.go.id. Published 2019. Accessed July 27, 2022.

Maizal Walfajri. Auto migrasi nasabah eks BNI Syariah, sebanyak Rp 16,1 triliun

DPK masuk ke BSI. kontan.co.id. Published August 9, 2021.

Permadani, Viola Putri. Pengaruh reward dan punishment terhadap kinerja karyawan dengan disiplin kerja sebagai variabel intervening di PDAM Kota Malang. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2020.

Astuti, W. S., Sjahruddin, H., & Purnomo, S. (2018). Pengaruh reward dan punishment terhadap kinerja karyawan, Makassar.

Muchlisin Riadi. Punishment atau Hukuman (Pengertian, Tujuan, Bentuk dan Prinsip). Kajianpustaka.com. Published April 22, 2020. Accessed July 27, 2022.

Suak, R., Adolfina, A., & Uhing, Y. (2017). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Sutanraja Hotel Amurang. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Eriawati, Y. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Mandiri KCP Simpang Empat Pasaman Barat. Jurnal Menata: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Evi Yuliana Ariyani. (2019). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan di Bank Syariah pada BRI Syariah Cabang Semarang Periode 2016 – 2018

Muchlisin Riadi. Reward atau Penghargaan (Pengertian, Tujuan, Jenis dan Syarat). Kajianpustaka.com. Published April 21, 2020. Accessed August 18, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.