Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Muzakki pada Lembaga Amil Zakat


Alya Safira Meinanda, Ach. Bakhrul Muchtasib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh transparansi, akuntabilitas dan kepercayaan terhadap loyalitas muzakki pada Lembaga Amil Zakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui penyebaran Kuesioner yang dibagikan kepada 60 responden yang merupakan muzakki Lembaga Amil Zakat serta berdomisili di DKI Jakarta. Hasil Penelitian dengan uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara parsial transparansi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas muzakki, akuntabilitas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas muzakki, dan kepercayaan muzakki berpengaruh signfikan terhadap loyalitas muzakki. Secara simultan transparansi, akuntabilitas, dan kepercayaan berpengaruh signfikan terhadap loyalitas muzakki. Berdasarkan uji koefisien determinasi ditemukan bahwa variabel transparansi, akuntabilitas, dan kepercayaan berkontribusi sebesar 74,4% terhadap loyalitas muzakki pada Lembaga Amil Zakat DKI Jakarta. Hasil dari Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi Lembaga Amil Zakat dalam pengembangan pelayanan pada muzakki.

Full Text:

PDF

References


Leoverdi, O. (2020). Pengaruh Kepuasan Muzakki, Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Loyalitas Muzakki pada BAZNAS Kabupaten Ogan Komering Ilir. Skripsi, 18.

Middle East And Isamic Studies. (2017). MEIS. Jurnal Middle East and Islamic Studies, Volume 5 No. 1 Juli - Desember 2017, 105.

Permana, F. E. (2022, April 12). Republika. Diambil kembali dari Republika Web site: republika.co.id/berita/ra6mia320/hanya-8-persen-masjid-yang-terdaftar-sebagai-unit-pengumpul-zakat

Puskas BAZNAS. (2020). Survei Pembayaran ZIS Non-OPZ di Indonesia 2019 - 2020. Officia News No. 11/ON/12/2020, 4-7.

Ridwansyah, D. (2020, 5 22). Jawa Pos. Diambil kembali dari Jawa Pos Web site: https://www.jawapos.com/

Satrio, E., & Siswantoro, D. (2016). Analisis Faktor Pendapatan, Kepercayaan dan Religiusitas Dalam Mempengaruhi Minat Muzakki Untuk Membayar Zakat Penghasilan Melalui Lembaga Amil Zakat. Simposium Nasional Akuntansi XIX, Lampung, 2.

Yuliafitri, I., & Khoiriyah, A. N. (2016). Pengaruh Kepuasan Muzakki, Transparansi dan Akuntabilitas pada Lembaga Amil Zakat terahdap Loyalitas Muzakki. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam Vol. 7 No. 2 Juli - Desember 2016, 209 - 210.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.