Pengaruh Pengetahuan Riba, Motivasi Konsumen dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Penggunaan PayLater dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Generasi Milenial Muslim Pengguna ShopeePayLater di Jabodetabek)


Tanisha Sudarta Bachtiar, Ach. Bakhrul Muchtasib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan riba, motivasi konsumen dan gaya hidup terhadap keputusan penggunaan PayLater. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 200 generasi milenial muslim pengguna ShopeePayLater di Jabodetabek dijadikan sebagai responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan riba tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan penggunaan PayLater sementara motivasi konsumen dan gaya hidup terdapat pengaruh terhap keputusan penggunaan PayLater. Variabel pengetahuan riba, motivasi konsumen dan gaya hidup secara simultan terdapat pengaruh terhadap keputusan penggunaan PayLater dengan pengaruh sebesar 47,6% dan sisanya 52,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Amelia, V.H.I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Fitur SPayLater Pada Aplikasi Shopee dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Konsumtif (Skripsi). Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/31330

Budiati, dkk (2018). Profil generasi milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Damayanti, F. D., & Canggih, C. (2021). Pengaruh penggunaan pembayaran shopeepay later terhadap perilaku konsumsi islam generasi milenial di Surabaya. Jurnal ilmiah ekonomi islam (JIEI), doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.2872

databoks. (2021). Sebanyak 86,93% penduduk Indonesia beragama islam pada 31 desember 2021. Retrieved February 26, 2022, from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/12/sebanyak-8693-penduduk-indonesia-beragama-islam-pada-31-desember-2021

databoks. (2021). Shopee PayLater, layanan PayLater paling banyak digunakan pada 2021. Retrieved February 26, 2022, from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/12/shopee-PayLater-layanan-PayLater-paling-banyak-digunakan-pada-2021

databoks. (2021). Penggunaan e-commerce Indonesia tertinggi di dunia. Retrieved February 26, 2022, from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia

Harahap, R.S. (2020). Pengaruh Pengetahuan Tentang Riba Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Syariah (Skripsi). Retrieved from: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6644

IDX. (2021). Ekonomi pulih, pertumbuhan e-commerce tembus 40 persen di 2021. Retrieved April 01, 2022, from idxchannel: https://www.idxchannel.com/economics/ekonomi-pulih-pertumbuhan-e-commerce-tembus-40-persen-di-2021

Jannah, M., & Musadad, A. (2021). Tinjauan hukum islam terhadap fitur layanan ShopeePayLater. Jurnal kaffa, 1(1).

katadata. (2021). Survei Ipsos: Shopee rajai e-commerce RI, Ungguku Tokopedia dan Lazada. Retrieved February 26, 2022, from katadata: https://katadata.co.id/happyfajrian/digital/61fb9d7808a8d/survei-ipsos-shopee-rajai-e-commerce-ri-ungguli-tokopedia-dan-lazada

lenteradana. (2021). Statistik Lentera Dana Nusantara. Retrieved February 26, 2022, from lenteradana: https://www.lenteradana.co.id/lender/statistic

Novitasari, R., & Supriyanto. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan OVO pada mahasiswa fakultas ekonomi Uniersitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 17(1). doi: https://doi.org/10.21831/jep.v17i1.33542.

qur'ankemenag. (2022). Qur'an Kemenag. Diambil kembali dari qurankemenag: https://quran.kemenag.go.id/

Sari, Y. P. (2020). Financial Technology (Peer To Peer Lending) dalam Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia (Skripsi). Fakultas Hukum. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/42721

Srihardina, Eka. (2018). Pengaruh Pengetahuan Hukum Riba Dalam Keputusan Masyarakat Mengambil Pinjaman Di Rentenir Pada Desa Palangiseng Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng (Skripsi). Fakultas Agama Islam. Retrieved from https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/2978

Shopee. (2021). Syarat dan ketentuan berbelanja dengan ShopeePayLater. Retrieved April 01, 2022, from Shopee: https://help.shopee.co.id/article/Apa-syarat&ketentuan-berbelanja-dengan-ShopeePayLater

Silvia, Mega. (2020). Pengaruh Persepsi dan Motivasi Konsumen Terhadap Pembelian Makanan Cepat Saji Berlabel Halal di Kota Jambi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN STS Jambi). (Skripsi). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Retrieved from http://repository.uinjambi.ac.id/4224

Sumiati. (2014). Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, Sikap Konsumen, dan Brand Image Pada Keputusan Pembelian Komputer Tablet Apple Ipad Pada Emax Apple Store Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.