Pengaruh Habit Dan Trust Dalam Minat Menggunakan ShopeePay Pada Pembelanjaan Online (Studi Kasus Pada Aplikasi Shopee)


Ardianti Nurinda Aprillia, Tetty Rimenda

Abstract


Perkembangan zaman menciptakan berbagai teknologi informasi yang sangat canggih. Salah satunya adalah metode pembayaran yang kini sudah bisa non tunai atau Cashless. ShopeePay adalah fitur layanan uang elektronik yang digunakan sebagai metode pembayaran non tunai pada aplikasi Shopee. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah faktor Habit dan Trust dapat mempengaruhi minat konsumen dalam menggunakan ShopeePay pada pembelanjaan Online. Pada penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebar kuesioner secara daring dan telah memperoleh 100 responden. Dengan kriteria responden yang dibutuhkan adalah pengguna dompet digital dalam berbelanja Online, berdomisili di DKI Jakarta, berusia minimal 17 tahun hingga lebih dari 45 tahun. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi. Diperoleh hasil bahwa faktor Habit dan Trust berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan ShopeePay pada pembelanjaan Online. Konsumen terbiasa menggunakan ShopeePay karena rutinitas belanja online yang cenderung sering. Dan Konsumen mempercayai ShopeePay dapat menjaga reputasi, memiliki kualitas website yang baik dan menjadi perusahaan yang kompeten dan jujur. Berdasarkan karakteristik usia, penelitian ini didominasi oleh pengguna 17-22 tahun yang merupakan gen Z. Gen Z merupakan generasi yang lahir dengan teknologi yang sudah berkembang sehingga sudah terbiasa dengan transaksi secara Online.

Kata-Kata Kunci: Belanja Online, Minat Menggunakan, ShopeePay


Full Text:

PDF

References


Alan, A. K., & Kabadayı, E. T. (2014). Quality antecedents of brand Trust and behavioral intention. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 150, 619-627.

Bezovski, Z. (2016). The future of the mobile payment as electronic payment system. European Journal

of Business and Management, 8(8), 127-132.

BI. (2022, April 13). Uang Elektronik Server Based. Dipetik April 15, 2022, dari https://www.bi.go.id/id/search.aspx#k=uang%20elektronik%20server%20based

BPS. (2021, Desember). Laporan Statistik E-commerce 2021. Dipetik April 1, 2022, dari https://www.bps.go.id/publication/2021/12/17/667821e67421afd2c81c574b/statistik-e-commerce- 2021.html

Chang, M. K., Cheung, W., & Tang, M. (2013). Building Trust Online: Interactions among Trust building mechanisms. Information & management, 50(7), 439-445.

Clear, J. (2018). Atomic Habits: An easy & proven way to build good Habits & break bad ones. Penguin. Khatimah, H., & Halim, F. (2014). Consumers’ intention to use e-money in Indonesia based on Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). American-Eurasian Journal of

Sustainable Agriculture, 8(12), 34-40.

McKnight, D. H., Choudhury, V., & Kacmar, C. (2002). The impact of initial consumer Trust on intentions to transact with a web site: a Trust building model. The journal of strategic information systems, 11(3-4), 297-323.

Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli Online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 21-34.

Szumski, O. (2020). Technological Trust from the perspective of digital payment. Procedia Computer Science, 176, 3545-3554.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User acceptance of information

technology: Toward a unified view. MIS quarterly, 425-478.

Virdita Ratriani. (2022, Januari 15). lifestyle.kontan.co.id. Dipetik Agustus 10, 2022, dari https://lifestyle.kontan.co.id/news/ini-beda-generasi-millenial-generasi-x-y-alpha-dan-baby-

boomers-1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.