Persepsi Investor Milenial Dalam Intensi Pemilihan Saham Perbankan Bluechip (LQ45)


Fadil Muhamad, Tetty Rimenda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti persepsi yang mendorong para investor muda dalam memilih saham sebagai sarana investasi. Adapun studi kasus dilakukan pada saham perbankan bluechip (LQ45) yang menjadi salah satu saham unggulan yang ada di pasar modal.Volume perdagangan saham perbankan bluechip (LQ45) di pasar modal yang hanya berkisar diangka 20% atau dapat dikatakan lebih rendah dibandingkan saham-saham lain. Kehadiran saham bluechip ini merupakan sebuah solusi untuk para investor dalam melakukan investasi dalam jangka panjang guna mempersiapkan kemungkinan yang bisa saja terjadi. Investor milenial merupakan mayoritas di pasar modal saat ini dengan angka anggota yang terdaftar mencapai 7.489.337 orang sampai saat ini. Oleh karena itu, fenomena investor milenial ini menjadi penting untuk diteliti agar mengetahui penyebab tidak meningkatnya volume perdangan saham perbankan bluechip (LQ45) di pasar modal. Penelitian ini menggunakan metode analisis data Partial Least Squares-Structural Equation Modeling analysis techniques (SEM-PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS versi 3. Penelitian ini menggunakan data primer kepada 120 responden dengan kriteria telah memiliki pembelajaran investasi dan bertransaksi saham sebelumnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi risiko, return, dan nilai perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap intensi investor milenial dalam memilih saham perbankan bluechip (LQ45). Dengan persepsi risiko merupakan hal yang paling besar pengaruhnya (dominan) dibanding return dan nilai perusahaan dengan nilai perusahaan koefisien tertinggi.

Kata-Kata Kunci: Persepsi risiko,Persepsi return,Persepsi nilai perusahaan, Intensi , dan Saham Perbankan Bluechip (LQ45).


Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: AswajaPressindo

Adyarta, Kartika Dewi. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Quality Product Training Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening, Universitas Diponegoro, http://eprints.undip.ac.id/51192/1/VERSI_JURNAL_DEWI PDF.

Agus Harjito dan Martono. 2012. Manajemen Keuangan. Edisi ke-2. Ekonisia,

Yogyakarta

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Pesonality and behavior 2nd ed. New York: Open University Press

Ajzen, I. (2015). “Consumer attitudes and behavior: The theory of planned behavior applied to food consumption decisions”. Rivista di Economia Agraria, Anno LXX,

Ajzen, Icek, 2015, The Theory of Planned Behavior is alive and well, and not ready to retire: a commentary on Sniehotta, Presseau, and Araújo-Soares. Health Psychology Review, Taylor and FrancisBimo, W., & Fransiska, A. S. (2021, Juli 1). Gamifikasi dan Korelasinya dengan Minat Mengunjungi Ulang Pada Marketplace. Jurnal Administrasi Bisnis, 17.

Hartono,Jogiyanto. 2016. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Kesepuluh.Yogyakarta

I Made Sudana. 2019. Manajemen Keuangan Teori dan Praktik. Surabaya: Airlangga University Press.

Jogiyanto. (2014). Analisis dan Desain Sistem Informasi, Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Mirawati, Ni Made, I Made Wardana, I Putu Gede Sukaatmadja. 2015. Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Persepsi Kontrol Keperilakuan Terhadap Niat Siswa SMK di Kota Denpasar Untuk Menjadi Wirausaha. Denpasar : E Journal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Volume.05.No.7 Tahun 2016

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sweeney, J.C & Trongmateerut. 2012. The Influence of Subjective Norms on Whistleblowing: A Cross Cultural Investigation. Journal of Bussiness Ethics, Vol.112, No.3, Hal: 437-451.

Tversky, A., dan D. Kahneman. (1988). Rational choice and the framing of decisions. Decision making: Descriptive, normative, and perspective interactions. Cambridge University Press

Wedayanti, Giantari. 2016. Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Memediasi Pengaruh Norma Subyektif Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.1, 2016: 533 - 560 ISSN: 2302-8912.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.