ANALISIS PENGARUH PERFORMANCE EXPECTANCY DAN EFFORT EXPECTANCY TERHADAP MINAT PENGGUNAAN APLIKASI JAGO MILIK PT. BANK JAGO TBK.


Rafikha Azzhari Lesmana, Fathir Ashfath

Abstract


Fenomena transformasi digital telah membuat banyak pelaku usaha mengalihkan kegiatan usahanya menjadi berbasis digital. Begitu pula dengan sektor perbankan. Kehadiran bank digital di era transformasi digital ini, menawarkan akses ke layanan perbankan dengan lebih mudah, cepat dan efisien. Aplikasi Jago milik Bank Jago terbukti menjadi aplikasi yang banyak diminati masyarakat menurut survey yang dilakukan Populix, salah satu lembaga penyedia jasa riset & pengumpulan data bagi pebisnis. Penentu keberhasilan suatu sistem adalah bagaimana dari sisi penerimaan penggunanya. Penerimaan teknologi dapat dijelaskan dengan model UTAUT2. Dalam penelitian ini mengambil variabel performance expectancy dan effort expectancy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh performance expectancy dan effort expectancy terhadap minat penggunaan aplikasi Jago milik PT. Bank Jago Tbk. Penelitian ini menggunakan data primer dengan teknik pengambilan data non probability purposive sampling. Penelitian ini mengambil sampel 100 responden pengguna Jago berdomisili Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan metode analisis data analisis regresi linear dengan SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa effort expectancy berpengaruh dan signifikan terhadap minat penggunaan. Sedangkan performance expectancy berpengaruh namun tidak signifikan terhadap minat penggunaan. Selain itu, ditemukan pula hasil bahwa performance expectancy dan effort expectancy secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap minat penggunaan aplikasi Jago milik PT. Bank Jago Tbk.

Kata-Kata Kunci: bank digital; Jago; penerimaan teknologi; UTAUT2; performance expectancy; harapan kerja; effort expectancy; harapan usaha; behavioral intention to use; minat penggunaan.


Full Text:

PDF

References


Abrilia, N. D., & Tri, S. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.

Cuesta, C., Ruesta, M., Tuesta, D., & Urbiola, P. (2015). The digital transformation of the banking industry. Digital Economy Watch, August 2015, 1–10. www.bbvaresearch.com

Finder.com. (2021). Pengguna Bank Digital di Indonesia Diproyeksi Capai 748 Juta pada 2026. https://databoks.katadata.co.id/. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/07/pengguna-bank-digital-di-indonesia-diproyeksi-capai-748-juta-pada-2026

Gunawan, A. (2014). Aplikasi Technology Acceptance Model Pada Minat Nasabah Untuk Menggunakan Internet Banking. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 3(2). https://doi.org/10.21831/nominal.v3i2.2695

Jogiyanto. (2017). Sistem Informasi Keperilakuan.

Mutlu, M., & Der, A. (2017). Unified theory of acceptance and use of technology: The adoption of mobile messaging application. Megatrend Revija, 14(1), 169–186. https://doi.org/10.5937/megrev1701169m

Pisheila Pratiwi, D. (2012). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan dan pengalaman terhadap perilaku penggunaan.

Rahmadi, N. A. B. (2016). Metodologi Penelitian Ekonomi. Febi Uin-Su Press.

Rema, Y. O. L., & Setyohadi, D. B. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan mobile banking studi kasus : BRI Cabang Bajawa. Seminar Riset Teknologi Informasi, 114–122.

Ricky Oktavenus. (2019). Analisis Pengaruh Transformasi Digital Dan Pola Perilaku Konsumen Terhadap Perubahan Bisnis Model Perusahaan Di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(5), 44–48.

Romdhoni, A. H., Tho’in, M., & Wahyudi, A. (2017). Sistem Ekonomi Perbankan Berlandaskan Bunga (Analisis Perdebatan Bunga Bank Termasuk Riba Atau Tidak). Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 13(01). https://doi.org/10.29040/jap.v13i01.190

Sari, S. P., & Cristiana, S. (2022). Penerapan Model UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Pada Masa Pandemi Berbasis Data …. Prosiding HUBISINTEK, March 2020, 698–706. http://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/1450%0Ahttp://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/download/1450/1171

Setyarko, Y. (2016). ANALISIS PERSEPSI HARGA, PROMOSI, KUALITAS LAYANAN, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SECARA ONLINE. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.

Shafly, N. A. (2020). Penerapan Model UTAUT2 Untuk Menjelaskan Behavioral Intention Dan Use Behavior Penggunaan Mobile Banking Di Kota Malang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2012). CONSUMER ACCEPTANCE AND USE OF INFORMATION TECHNOLOGY: EXTENDING THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY. MIS Quarterly, 36(1), 157–178.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.