Analisis Pengaruh Minat Pengguna Fitur PayLater pada Aplikasi Shopee


Diditya Anugrah Panjalu, R. Elly Mirati

Abstract


Shopee PayLater adalah metode beli sekarang bayar nanti yang disediakan oleh platform Shopee dengan menggandeng PT Lentera Dana Nusantara. Shopee PayLater dapat dinikmati oleh pengguna aplikasi Shopee untuk bertransaksi pada aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat pengguna fitur paylater pada aplikasi Shopee di wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan data primer dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengguna Shopee PayLater, lalu diukur dengan skala likert serta pengujian statistik dengan model analisis regresi berganda. Hasil akhir pada penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kemudahan, pendapatan, dan hedonic motivations secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan Shopee PayLater, sedangkan suku bunga tidak berpengaruh.

Kata kunci: Hedonic motivations, PayLater, Shopee PayLater.


Full Text:

PDF

References


Adirinekso. (2021). Minat dan Penggunaan Fintech PayLater Pekerja Urban Pelanggan Traveloka dan GoJek Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 . Journal of Management and Business Review, 231-239.

Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Pay Later. (2022). Vivi Eviana, Agung Joni Saputra.

Bayu, D. J. (2021, Februari 21). Survei: Masyarakat yang Alami Penurunan Pendapatan Akibat Covid-19 Meningkat. Diambil kembali dari databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/23/survei-masyarakat-yang-alami-penurunan-pendapatan-akibat-Covid-19-meningkat

DailySocial. (2021). Shopee PayLater, Layanan PayLater Paling Banyak Shopee PayLater, Layanan PayLater Paling Banyak . Indonesia: katadata.co.id.

DSinnovate. (2021). The Convergence of (Digital) Financial Services. Indonesia: DailySocial.

DSRESEARCH. (2019). MOVING TOWARDS A NEW ERA IN INDONESIA'S FINANCIAL INDUSTRY. Indonesia: DailySocial.

DSRESEARCH. (2020). Maintaining Growth during Pandemic. Indonesia: DailySocial.

Keuangan, O. J. (2021). Statistik Fintech Lending Indonesia/ Indonesian Fintech Lending Statistics. Indonesia: ojk.go.id.

Nasional, S. (2020). MITIGASI DAMPAK COVID-19: TARIK-MENARIK KEPENTINGAN EKONOMI DAN KESEHATAN. Indonesia: Indikator Politik Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.