Faktor Rendahnya Minat Masyarakat Terhadap Dana Pensiun BNI Simponi


Ahya Yudistyani, Fatimah Fatimah

Abstract


Dana pensiun merupakan badan hukum yang memberikan manfaat kesejahteraan di masa depan, salah satunya produk Simponi oleh BNI untuk membantu masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan di hari tua. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang membuat rendahnya minat masyarakat terhadap dana pensiun Simponi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang diambil sebanyak 96 responden dengan kriteria nasabah simponi, dan menggunakan teknik non-probability purposive sampling. Pada penelitian ini menggunakan uji analisis faktor yang mereduksi 18 variabel menjadi 15 variabel dan didapat 3 faktor sebagai penyebab rendahnya minat masyarakat terhadap dana pensiun yaitu faktor sosialisasi, faktor citra perusahaan, dan faktor harga. Berdasarkan hasil tersebut, pihak penyelenggara diharapkan meningkatkan kualitas produk dari promosi melalui berbagai media terutama media online.

Kata-Kata Kunci: Dana pensiun ; Minat beli ; Analisis faktor


Full Text:

PDF

References


Fitriah, S. S. (2020). PENGARUH BAURAN PEMASARAN, KARAKTERISTIK PEMASARAN SYARIAH, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI RESTORAN BUMBU DESA YOGYAKARTA.

Grace, S., & Adiasih, N. (2022). Pelaksanaan Good Pension Fund Governance pada DPLK BNI (Program BNI SIMPONI). Reformasi Hukum Trisakti, 160.

Mansyuri, M. I. (2020). ANALISIS MINAT MASYARAKAT DALAM BERINVESTASI MODAL PADA PT ASURANSI JIWA BUMIPUTERA 1912 KABUPATEN DOMPU. Jurnal Pendidikan Tambusai, 143.

Nasution, L. Z., & Fuddin, M. K. (2015). DANA PENSIUN PENDORONG KESEJAHTERAAN PEKERJA DAN PENJAGA EKSISTENSI UMKM DALAM MENGHADAPI MASARAKAT EKONOMI ASIA. Jurnal Eonomi Pembangunan, 2.

Qazzafi, S. (2020). Factor Affecting Consumer Buying Behavior : A Conceptual study . International Journal for Scientific Research & Development, 1207.

Septiani, F. (2017). Pengaruh Harga Terhadap Minat Beli (Studi Kasus pada PT Asuransi Jiwa Recapital di Jakarta. Jurnal Mandiri, 275.

Satria. (2017). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PERUSAHAAN A-36. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.