Pengaruh Inflasi dan Nilai Tukar terhadap Nilai Ekspor Indonesia ke Cina


Machariri Rifa Fairuz, Nurul Hasanah

Abstract


Pada saat pandemi covid-19, secara umum ekspor Indonesia ke berbagai negara menunjukkan adanya penurunan, tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk Cina. Ekspor Indonesia ke Cina justru mengalami peningkatan selama masa pandemi covid-19. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa dua faktor yang mempengaruhi nilai ekspor yaitu nilai tukar dan inflasi. Pada beberapa penelitian menunjukkan nilai tukar berpengaruh positif dan inflasi berpengaruh negatif terhadap ekspor. Namun dalam hasil penelitian lainnya menunjukkan nilai tukar dan inflasi tidak berpengaruh terhadap ekspor Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inflasi dan nilai tukar terhadap nilai ekspor Indonesia ke Cina tahun 2019 - 2021. Data penelitian yang digunakan data sekunder yang didapatkan dari laman resmi yang menyediakan data yang diteliti dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda yang diolah melalui SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara parsial, inflasi berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai ekspor Indonesia ke Cina, sedangkan nilai tukar tidak berpengaruh terhadap nilai ekspor Indonesia ke Cina. Secara simultan, inflasi dan nilai tukar berpengaruh terhadap nilai ekspor Indonesia ke Cina. Para pelaku ekspor perlu mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor seperti inflasi dan nilai tukar pada saat akan melakukan ekspor agar tetap menguntungkan dan dapat memperluas ekspor ke negara-negara lain selain Cina.

Kata Kunci: Inflasi; Nilai tukar; Ekspor


Full Text:

PDF

References


Aprita & Adhitya (2020). Hukum Perdagangan Internasional, Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Budhi & Larasati (2018). Pengaruh inflasi dan kurs dollar AS terhadap nilai ekspor alas kaki Indonesia ke Cina. E-Jurnal EP Unud, volume 7(1), 1-31.

Bank Indonesia. Data Inflasi Diakses pada tanggal: 14 Juni 2022, dari https://www.bi.go.id/id/statistik/indikator/data-inflasi.aspx

Cipta, L. (2019). Pengaruh Macroeconomic dan foreign direct investment terhadap asia economic activity. Universitas Brawijaya, Thesis, 197-198.

Haryanto. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP PERGERAKAN NILAI TUKAR RUPIAH DAN INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG). The Indonesian Journal of Development Planning, Volume 4 (2), 6-7.

Kementerian Keuangan. (2021). Pemerintah Terus Upayakan Pemulihan Ekonomi, namun Tetap Waspada terhadap pandemi Covid. Diakses pada 12 Juni 2022, Dari:https://www.kemenkeu.go.id/media/18295/buku-merekam-pandemi-covid-19-dan-memahami-kerja-keras-pengawal-apbn.pdf

Mahendra (2019). Analisis pengaruh Gross domestic product (GDP), kurs, dan tingkat inflasi terhadap ekspor dan impor Indonesia-China. E-Jurnal EP Unud, volume 7(11), 24-26.

Mahendra,I Gd Yoga dan Kesumajaya I Wyn Wita.2015. Analasisi Pengaruh Invetasi, Inflasi, Kurs Dollar Amerika Serikat dan Suku Bunga Kredit Terhadap Ekspor Indonesia Tahun 1992-2012. E-jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol.4 No.5. Mei (2015): 525-545

Mildyanti, Trianti. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi cadangan devisa (kasus di Indonesia dan Cina). Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan, volume 1 No. 1, 4-6.

Nilai Tukar Mata Uang Asing Terhadap Rupiah. (t.thn.). Dipetik 06 14, 2022, dari satudata.kemendag.go.id: https://satudata.kemendag.go.id/exchange-rates

Safitri, Jamal. (2020). Analisis Inflasi, Kurs Rupiah dan Bi Rate terhadap Volume Perdagangan Saham di Bursa Efek Indonesia (2016-2018). Borneo Student Research, Volume 1 (3), 4-6.

Silaban R. & Nurlina (2022). PENGARUH NILAI TUKAR DAN INFLASI TERHADAP EKSPOR NONMIGAS DI INDONESIA. Jurnal Samudra ekonomika. Volume 6 (1).2-10

Supardi, E. (2019). Ekspor Impor. Dalam E. Supardi, Ekspor Impor: Teori Dan Praktikum Kegiatan Ekspor Impor Untuk Praktisi Logistik dan Bisnis (hal. 505). Yogyakarta: DEEPUBLISH.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.