Tingkat Kepuasan Konsumen E-Commerce pada Penggunaan Payment Gateway dengan Pendekatan Metode EUCS


Larisa Putri Sutrisno, Fatimah Fatimah

Abstract


Peningkatan penggunaan e-commerce sebagai media dalam bertransaksi jual beli turut mempengaruhi perkembangan sistem pembayaran digital di Indonesia. Penyediaan sistem pembayaran di e-commerce perlu mengikuti kebutuhan dan harapan konsumen, hal ini akan sangat mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap penggunaan Payment Gateway di e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen e-commerce pada penggunaan Payment Gateway berdasarkan variabel content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Cochran sehingga kuesioner disebar kepada 70 responden dengan kriteria usia 18 – 25 tahun, berdomisili di Jabodetabek, dan aktif  menggunakan e-commerce. Data diuji menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 25. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa semua variabel berpengaruh positif secara simultan terhadap tingkat kepuasan konsumen e-commerce, sementara variabel yang berpengaruh positif secara parsial hanya content dan format, untuk itu perusahaan penyedia Payment Gateway harus sangat memperhatikan aspek tersebut.

Kata-Kata Kunci: Tingkat Kepuasan ; Payment Gateway ; Metode EUCS.

Full Text:

PDF

References


Aji, L. W., & Kusasih, I. A. (2021). Penilaian Kepuasan Dengan Model End User Computing Satisfaction Bagi Pengguna Aplikasi Financial Technology (Studi Kasus Bagi Pengguna Aplikasi LinkAja). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen.

Ariesta, A. (2021, September 24). Kasus Fraud Naik Signifikan Selama Pandemi, Tertinggi di Segmen E-commerce. iNews.

Bank Indonesia. (2016). PBI Nomor 18/40/PBI/2016 Tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Cermati. (2017, August 1). Mengenal Payment Gateway, Dari Cara Kerja sampai Keuntungannya buat Transaksi. hal. Diakses dari https://www.cermati.com/.

CNN Indonesia. (2021, November 12). 88,1 Persen Pengguna Internet Belanja dengan E-Commerce. Ekonomi Keuangan, hal. 1-1.

Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Quarterly, Vol. 12, No. 2, 259-274.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Integrity Indonesia. (2019, January 25). E-Commerce Merugi Lebih Dari Dua Kali Lipat Karena Online Payment Fraud. hal. Diakses dari https://www.integrity-indonesia.com/id/blog/.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Terjemahan Benyamin Molan. Jakarta Indeks.

Kurniawan, D., Zusrony, E., & Kusumajaya, R. A. (2018). Analisa Persepsi Pengguna Layanan Payment Gateway Pada Financial Technology Dengan Metode EUCS. Jurnal Informa Politeknik Indonusa Surakarta.

Lidwina, A. (2021). Gaji Generasi Z dan Milenial Banyak Dibelanjakan di E-Commerce. Databoks Katadata.

Novita, D., & Helena, F. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). JTSI, Vol. 2, No. 1, 22-37.

Prihatiningsih, Kusmargiani, I. S., & Soebroto, N. W. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Mobile Payment. Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan.

Pusparisa, Y. (2020). Pencurian Data Pengguna E-Commerce Kian Marak. Katadata.

Rie. (2014, December 19). E-Commerce. hal. Diakses dari https://bpptik.kominfo.go.id/2014/12/19/645/e-commerce/.

Rini, D. P. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Akhir Terhadap Layanan "LinkAja" di Indonesia Melalui Pendekatan End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Reputasi Perusahaan.

Sausi, J. M., Mtebe, J. S., & Mbelwa, J. (2021). Evaluating user satisfaction with the e-payment gateway system in Tanzania. South African Journal of Information Management.

SIRCLO and Ravenry. (2020). Navigating Indonesia's E-Commerce: COVID-19 Impact and The Rise of Social Commerce. SIRCLO.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.