Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko dan Keamanan terhadap Impulse Buying Pengguna SPaylater (Shopee Paylater) di Jadetabek


Adela Rossa, Fathir Ashfath

Abstract


 

Perkembangan dunia digital mendorong transformasi digital dalam dunia ritel dan keuangan sehingga membuat perubahan pada tren belanja konsumen. Saat ini e-commerce menyediakan berbagai macam metode pembayaran agar membuat konsumen nyaman salah satunya metode paylater. Shopee merupakan e-commerce terbesar ASEAN dengan jumlah pengunjung harian mencapai 33,27 juta meluncurkan fitur paylaternya dengan nama SPaylater. Menurut DSInnovate, Spaylater merupakan layanan paylater yang paling banyak digunakan oleh konsumen sepanjang tahun 2021. Berdasarkan teori TAM, persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, keamanan yang menjadi alasan mengapa seseorang menggunakan teknologi atau sistem tersebut. Selain itu, persepsi risiko merupakan salah satu faktor yang menentukan perilaku konsumen dalam berbelanja. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengetahui bagaimana persepsi  kemudahan pengunaan, kepercayaan, risiko dan keamanan dapat mempengaruhi perilaku impulse buying pada pengguna SPaylater. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari sampel sebanyak 200 responden pengguna SPaylater di Jadetabek. Analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya kemudahan penggunaan, kepercayaan dan keamanan pada fitur SPaylater dapat menimbulkan perilaku impulse buying bagi pengguna SPaylater di Jadetabek. Sedangkan, persepsi risiko tidak berdampak pada perilaku impulse buying pengguna SPaylater di Jadetabek. Selain itu, kemudahan penggunaan, kepercayaan, risiko dan kemanan secara bersamaan dapat menimbulkan perilaku impulse buying pengguna SPaylater di Jadetabek.

Kata Kunci: Analisis Regresi Linear Berganda; Impulse Buying; paylater; Pembelian Impulsif; Technology Acceptance Model.


Full Text:

PDF

References


Adirinekso, G. P. (2021). Minat dan Penggunaan Fintech PayLater Pekerja Urban Pelanggan Traveloka dan GoJek Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19 di DKI Jakarta. Journal of Management and Business Review, 18(2), 228-243. doi:https://doi.org/10.34149/jmbr.v18i2.283

Aisah, S., Asiyah, S., & Primanto, A. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Penggunaan Transaksi Shopee Paylater (Studi Kasus Mahasiswa FEB UNISMA). e-Jurnal Riset Manajemen. Retrieved from www.fe.unisma.ac.id

Akbar, M. A., & Alam, S. N. (2020). E-commerce: Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis.

Anggaraeni, R., Purnamasari, Sasana, H., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk dan brand image terhadap keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran paylater. Jurnal Manajemen, 13(3), 420-430. Retrieved from journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN

Asja, H., Susanti, S., & Achmad, F. (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan Dan Pendapatan Terhadap Minat Menggunakan Paylater: Studi Kasus Masyarakat di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Manajemen, 2(4), 309-325. doi:https://doi.org/10.35912/jakman.v2i4.495

Badan Pusat Statistik. (2021, Oktober 12). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020. Retrieved from Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/publication/2021/10/11/e03aca1e6ae93396ee660328/statistik-telekomunikasi-indonesia-2020.html

Budyastuti, T. (2020). Factors That Influence The Intensity of The Use of Digital Payment (Case Study in OVO Users). EPRA International Journal of Multidisciplinary Research (IJMR), 6(6). doi:10.36713/epra2013

Burnham, B. D. (2014). Fundamental Statistics For The Behavioral Sciences V 2.0.

Canestren, I., & Saputri, M. (2021). Pengaruh Kepercayaan , Kemudahan Dan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Shopee Paylater. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/14958

Chen, Y., & Zhang, L. (2015). Influential Factors for Online Impulse Buying in China: A Model and Its Empirical Analysis.Damiati, & dkk. (2017). Perilaku Konsumen. Depok: Raja Grafindo Persada.

Darmayanti, N. L., Purnamawati, I. G., & Prayudi, M. A. (2017). Pengaruh Pendekatan Technology Acceptance Model dan Faktor Sosial Terhadap Penerapan Sistem Informasi Keuangan Daerah Pada SKPD Di Kabupaten Gianyar. e-JournalS1 Ak, 8(2).

Eka, R. (2021, September 28). Indonesia Paylater Ecosystem Report 2021. Retrieved from DailySocial id: https://dailysocial.id/research/indonesia-paylater-ecosystem-report-2021

Ginantra, N. L. (2020). Teknologi Finansial: Sistem Finansial Berbasis Teknologi di Era Digital. Yayasan Kita Menulis.

Hair Jr., J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2018). Multivariate Data Analysis: Eight Edition. Cengage Learning.

Harmayani, & dkk. (2020). E-commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital. Yayasan Kita Menulis.

Hilmi, L. D., & Pratika, Y. (2021). Paylater Feature: Impulsive Buying Driver for E-commerce In Indonesia. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(2), 63-74. Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Iram, M., & Charcharkar, D. Y. (2017). Model of impulse buying behavior. BVIMSR’s Journal of Management Research, 9(1), 45-53.

Kurniasari, I., & Fisabilillah, L. W. (2021). Fenomena Perilaku Berbelanja Menggunakan Spaylater Serta Dampaknya Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Ilmu Ekonomi. Journal of Economics, 1(3), 207-218.

Lee, H. (2018). Intrinsic And Extrinsic Motivations Affecting Impulse-Buying Tendency In Mobile Shopping. Social Behavior and Personality, 46(4), 683-694. doi:https://doi.org/10.2224/sbp.6693

Nagadeepa, C., Shirahatti, D., & Sudha, N. (2021). Impulse Buying: Concepts, Frameworks and Consumer Insights. Tamil Nadu, India: Shanlax Publications.

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194-199. doi:https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3594

Otoritas Jasa Keuangan. (2021, Oktober 26). Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan. Retrieved from Otoritas Jasa Keuangan: https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Cetak-Biru-Transformasi-Digital-Perbankan.aspx

Purnamasari, R. D., Sasana, H., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, dan brand image terhadap keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran paylater. Jurnal Manajemen, 13 (3), 420-430.

Putri, A., & Iriani, S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online Shopee Paylater. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 818-828.

Redaksi OCBC NISP. (2021, Juli 12). Apa itu Paylater? Ini Pengertian & Tipsnya Agar Tidak Boros. Retrieved from OCBC NISP: https://www.ocbcnisp.com/en/article/2021/07/12/paylater-adalah

Riskinaswara, L. (2021, Juli 15). Akselerasi Transformasi Digital dalam Roadmap Digital Indonesia 2021-2024. Retrieved from Kominfo: https://aptika.kominfo.go.id/2021/07/akselerasi-transformasi-digital-dalam-roadmap-digital-indonesia-2021-2024/

Rodrigues, R., Lopes, P., & Varela, M. (2021). Factors Affecting Impulse Buying Behavior of Consumers. Front. Psychol., 12. doi:10.3389/fpsyg.2021.697080

Romindo, e. a. (2019). E-commerce: Implementasi, Strategi & Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. Journal of Consumer Research, 22(3), 305. doi:10.1086/209452

Rumayya, Sari, F. R., Wahyuni, E., Rohman, M. S., Arini, H. R., & Agusti, K. S. (2020). Persepsi Pasar Terhadap Pemanfaatan Fitur Pembayaran Paylater. Surabaya: Research Institute of Socio-Economic Development.

Sari, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 7(1).

Sati, R. S., & Ramaditya, M. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Menggunakan Metland Card). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Sawlani, D. K. (2021). Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan dan Kepercayaan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Sekaran, U., & Roger, B. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th ed.). Chichester, West Sunsex, United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sun, H., & Zhang, P. (2006). Casual Relationships between Perceived Enjoyment and Perceived of Use An Alternative Approach. Journal of the Association for Information System, 7(9), 618-645.

Widana, W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Pontianak: KLIK MEDIA.

Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen & Akuntansi, 3(1), 90-105.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.