Analisis Pengaruh Persepsi Keamanan dan Risiko terhadap Keputusan Penggunaan antara Kartu ATM dan Cardless Mobile Banking BCA


Esi Arliyani, Rahmanita Vidyasari

Abstract


Cardless Mobile Banking adalah salah satu teknologi terbaru dari BCA yang dapat menggantikan Kartu ATM dan pertama kali diterapkan di Indonesia, dimana dominasi penggunanya merupakan masyarakat usia produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keamanan dan risiko dalam bertransaksi tarik tunai/non tunai menggunakan kartu ATM ataupun Cardless Mobile Banking BCA. Metode penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengguna BCA di JABODETABEK. Teknik analisis yang digunakan adalah uji Independent Samples T Test dengan alat bantu analisis yaitu SPSS Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penggunaan Kartu ATM dan Cardless dari segi keamanan dimana Cardless lebih aman dibandingkan Kartu ATM. Sedangkan dari segi risiko terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penggunaan Kartu ATM dan Cardless, dimana Kartu ATM lebih berisiko dibandingkan Cardless.

Kata Kunci: Persepsi Keamanan, Persepsi Risiko, Penggunaan ATM, Cardless Mobile Banking


Full Text:

PDF

References


Afghani, M., & Yulianti, E. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Risiko, Serta Kesadaran Nasabah Terhadap Adopsi E-Banking di Bank BRI Surabaya. Journal Of Business and Banking.

Alexander, T. (2021). Manajemen Risiko Bisnis. Penerbit Andi.

Eid. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Perilaku Wajib Pajak untuk Menggunakan E-filling. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro.

Haryati, D. (2021). Sistem Informasi Perbankan. Insan Cendekia Mandiri.

Hossain, M. A. (2019). Security perception in the adoption of mobile payment and the moderating effect of gender.

Kotler, A. (2016). Principles Of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England: Pearson Education Limited.

Maria, L., Pambudi, R., & Kristianti. (2017). Analisis Pengaruh Pesepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Tingkat Keamanan, dan Fitur Layanan Terhadap Penggunaan Mobile Banking Pada Mahasiswa di DKI Jakarta. Akuntansi.

Pramesti, W., & Nawangsari, S. (2017). engaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan, dan Keamaan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Tokopedia.com). Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia.

Rahmawati, Y., & Rahmi. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet. Journal of Economics and Banking.

Sina, & Garlans, P. (2017). Financial Contemplation Seri 1. In P. G. Sina, Financial Contemplation Seri 1 (p. 100). Guepedia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulfata M. Anis, J. A. (2021). Peningkatan Ekonomi Masyarakat menuju Era Society 5.0 Ditengah Pandemi Covid-19. Penerbit Insania.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.