PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA SHOPEE PAYLATER PADA GENERASI MILLENIAL


Gina Rahmawati, Elly Mirati

Abstract


Paylater ini semakin digemari oleh kalangan millenial dengan seiringnya perkembangan teknologi. Kecanggihan teknologi tersebut membuat dampak yang sangat begitu signifikan terhadap keberlangsungan hidup masyarakat terutama generasi millenial akan menjadi lebih konsumtif melalui kedatangan alat pembayaran secara elektronik atau nontunai, tanpa uang cash tersebut akan membentuk perilaku belanja yang impulsif dimana seseorang membeli produk tanpa direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pengguna shopee paylater pada generasi millenial. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 100 responden yang merupakan generasi millenial di DKI Jakarta berumur 22 – 39 Tahun dan merupakan pengguna Shopee Paylater. Penelitian ini menggunakan teknik non probability purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear bergandadan menggunakan SPSS versi 26 untuk mengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa litearsi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna shopee paylater dengan arah hubungan negatif, Gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna shopee paylater dengan arah hubungan positif, dan secara simultan literasi keuangan dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna shopee paylater.

Kata-Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Generasi Millenial, Shopee paylater


Full Text:

PDF

References


Amaliya, L., & Setiaji, K. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram,Teman Sebaya dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa (StudiKasus Pada Siswa KelasXI SMANegeri1 Semarang). Economic Education Analysis.

Dikria, O., & Sri, W. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Malang Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol, 09. No.2.

Fauzia, A., & Nurdin. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Pada mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Islam Bandung Angkatan 2015). Prosiding Manajemen, 5(1), 79-84.

Jati, W. (2015). Less Cash Society: Menakar Konsumerisme Baru Kelas Menengah Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 102-112.

Kanserina, D., Haris, I., & Nuridja, I. (2015). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol 5, No 1.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Managment New Jersey: Prentice Hall.

Kusumaningtyas, I., & Canda Sakti, N. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI IPS di SMA 1 Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 5 Nomor 3.

Manik, Y., & Bukhori, M. (2019). Literasi keuangan dan pengaruhnya Terhadap Hedonisme Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol 7, No 2, 66-76.

Mien, N. T., & Thao, T. P. (2015). Factors Affecting Personal Financial Management Behaviors:Evidence from Vietnam . Proceedings of the Second Asia-Pacific Conference on Global Business, Economics, Finance and Social Sciences (AP15Vietnam Conference) ISBN: 978-1-63415-833-6 Danang-Vietnam.

OECD. (2016, 10 12). OECD/INFE International Survey of Adult Financial Literacy Competencies. Retrieved from OECD.org: https://www.oecd.org/daf/fin/financial-education/OECD-INFE-International-Survey-of-Adult-Financial-Literacy-Competencies.pdf

Pontania, A. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Gaya Hidup Hedonis Pada Siswa SMA negeri 4. Jurnal Publikasi, 1, (1), 5-18.

Qurotaa'ayun, Z., & Krisnawati, A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial Di Kota Bandung. JAF (Jurnal of Accounting and Finance), Vol 3 No 1.

Rosyid, & Lina. (2018). Perilaku Konsumtif Berdasar Locus of control Pada Remaja. Psikologika, 5-13.

Saadah, M. (2021, 04 30). Trend paylater dan Perilaku Konsumtif Masyarakat. Retrieved from Kumparan.com: https://kumparan.com/masrurosaadah/trend-paylater-dan-perilaku-konsumtif-masyarakat-1veXO9BMs37

Silalahi, R. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online. Khazanah Ilmu Berazam, Vol 3, No 2.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.