PENGARUH PENGETAHUAN, KEAMANAN, DAN KEMUDAHAN TRANSAKSI TERHADAP MINAT NASABAH MILENIAL BANK SYARIAH INDONESIA DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN CARDLESS WITHDRAWAL


Nada Fajriastuti, Ady Arman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh pengetahuan, keamanan, dan kemudahan transaksi terhadap minat nasabah milenial Bank Syariah Indonesia dalam menggunakan layanan tarik tunai tanpa kartu. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan sampel menggunakan kuesioner. Pengukuran data dilakukan dengan bantuan Software SPSS version 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan, keamanan, dan kemudahan transaksi berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah milenial Bank Syariah Indonesia dalam mengggunakan layanan tarik tunai tanpa kartu. Minat nasabah milenial Bank Syariah Indonesia sangat tinggi sehingga pihak Bank Syariah Indonesia diharapkan mampu memberikan sosialisasi yang merata kepada masyarakat khususnya nasabah Bank Syariah Indonesia terkait fitur-fitur terbaru yang dapat digunakan serta dapat memberian edukasi kepada masyarakat khususnya nasabah terkait penggunaan layanan tarik tunai tanpa kartu agar nasabah dapat menggunakan layanan tersebut dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Carlson, E. (2008). The lucky few between the greatest generation and the baby boom. USA: Springer.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hal 160

Howe, N. dan Strauss, W. (2000). Millennials Rising: The Next Great Generation.New York: Vintage Books.

John C. Mowen dan Michael Minor, Perilaku Konsumen Jilid I, (Jakarta: PT. Penerbit Erlangga,2002) hal.135

John C. Mowen dan Michael Minor, Perilaku Konsumen Jilid I, (Jakarta: PT. Penerbit Erlangga,2002) hal.337

Kementerian Agama RI. (2022). Al-Qur’an dan Terjemahnya. https://quran.kemenag.go.id/

KOMINFO, P. (2014, 2). Siaran Pers No. 17/PIH/Kominfo/2/2014 tentang Riset Kominfo Dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak Dan Remaja Dalam Menggunakan internet. Website Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. https://kominfo.go.id/content/detail/3834/siaran-pers-no-17pihkominfo22014-tentang-riset-kominfo-dan-unicef-mengenai-perilaku-anak-dan-remaja-dalam-menggunakan-internet/0/siaran_pers

Lemeshow, 1997, Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan, Yogyakarta, UGM

Mannheim, K. (1952). The problem of generation . Essays on the Sociology of Knowledge, 276-322. Diambil dari http://marcuse.faculty.history.ucsb.edu/ classes/201/articles/27MannheimGenerations.pdf.

Notoatmodjo. (2017). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, (Jakarta: PT Rineka Cipta).

Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Prinsip dan Konsep Dasar Perbankan Syariah. Konsep Dasar dan Prinsip-Prinsip Syariah. Tentang Syariah (ojk.go.id). Diakses pada 29 Maret 2022.

Permatasari. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Resiko Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro

Phothikitti, K. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Tanpa Kartu. Jurnal Internasional Ekonomi dan Administrasi Bisnis, 8(3), 40-56.

Pilcher, J. (2017). Women of Their Time: Generation, Gender Issues and Feminism. New York, NY: Routledge.

Sari, D. (2021). Analisis Penggunaan Mobile Banking Bagi Nasabah Bank Syariah Mandiri (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan). (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, 2021) Diakses dari http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6556/1/1640100062.pdf.

Silvia. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Mengunakan Internet Banking Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Ahmad Yani Makassar. Jurnal Ekonomi, Vol. 2, No. 1, 1-17

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Hal 275

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Hal 250

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Hal 60

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Hal 142

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV. Hal 275

Suharyadi dan Purwanto. (2009). Statistika Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat. Hal 15-16

Sujarweni, V Wiratna. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Hal 232

Sulhan. (2009). Panduan praktis SPSS Untuk Manajemen (Keuangan, SDM, Pemasaran). Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Malang. Hal 15-16

Sulhan. (2009). Panduan praktis SPSS Untuk Manajemen (Keuangan, SDM, Pemasaran). Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Malang. Hal 16

Sulhan. (2009). Panduan praktis SPSS Untuk Manajemen (Keuangan, SDM, Pemasaran). Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Malang. Hal 24

Widjana, Mahardika Aditya. (2010). Determinan Faktor Penerimaan terhadap Internet Banking pada Nasabah Bank di Surabaya. Tesis. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Yuliana. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan. Jakarta.

Yuswohady. (2017). Milennial Trends 2016. from https://www.yuswohady.com/2016/01/17/millennial-trends-2016/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.