Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pelaku Usaha Untuk Mengajukan Sertifikasi Halal Produk UMKM Di Kota Balikpapan


Auratul Atifah Harbit, Ida Syafrida

Abstract


Penelitian ini membahas faktor yang mempengaruhi minat pelaku usaha untuk mengajukan sertifikasi halal produk UMKM di Kota Balikpapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat pelaku usaha untuk mengajukan sertifikasi halal pada produknya. Ada 4 faktor dalam penelitian ini yaitu: pemahaman, biaya, kesadaran, dan keyakinan. Metode yang digunakan adalah komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah UMKM di Kota Balikpapan yang terdiri dari 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis factor, dan analisis mean. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor paling dominan adalah keyakinan, yang mempengaruhi minat pelaku usaha untuk mengajukan sertifikasi halal produk UMKM dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Pentingnya keyakinan para pelaku usaha terhadap kehalalan dalam suatu produk, karena sertifikasi halal berperan sangat penting dalam menentukan produk yang akan dikonsumsi oleh konsumen.


Full Text:

PDF

References


A’yunin, A. Q. (2019). Analisis Perbandingan Biaya Sertifikasi Halal Pada Industri Kecil Food Souvenir Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Aditya, Tamara (2022) Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi Pada Mahasiswa Muslim Institut Teknologi Sumatera). Undergraduate Thesis, Uin Raden Intan Lampung.

Akim, Neneng Konety, Chandra Purnama, Monita Hizma Adila. (2018). Pemahaman Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Jatinangor Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 1, April 20188, Hal 31-49

Aliyudin, A., Abror, K., Khairuddin, K., & Hilabi, A. (2022). Sertifikasi Halal di MUI Lampung Pasca Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014 Serta Problematika UMKM. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 3(2)

Amiruddin, K. (2013). Ekonomi Mikro Suatu Perbandingan Islam Dan Ekonomi Konvensional. Alauddin University Press.

Anandai, Wunta Arty. (2016). Faktor-Faktor Pelaku Usaha Tidak Melakukan Sertifikasi Halal: Studi Pelaku Usaha Makanan Ceker Pedas di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Aziz, A., & Vui, C. N. (2012). Therole of Halal awareness and Halal certification in influencing non-Muslim’s purchasing intention. Paper presented at 3 rd International Conference on Business and Economic Research (3rd ICBER 2012) Proceeding, 1819- 1830.

Badan Pusat Statistik Sensus Penduduk 2020. Diakses pada tanggal 14 Januari 2022 https://sensus.bps.go.id/main/index/sp2020

Bank Indonesia. (2021). Memorabilia Mereka Peduli Bamk Indonesia. 1001 Pemikiran Akademisi, 288-289.

Djuwita, Diana & Yusuf, Ayus Ahmad. (2018). Tingkat Literasi Keuangan Syariah Di Kalangan UMKM Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Usaha. Cirebon, IAIN Syekh Nurjati Vol. 10 (1)

Farhan, A. (2018). Pelaksanaan Sertifikasi Halal Lppom Mui Terhadap Produk Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) (Studi LPPOM MUI Provinsi Bengkulu), Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vo. 3 (1). DOI: http://dx. doi. org/10.29300/mjppm. v3i1, 2340, g1949.

https://kaltim.bps.go.id/indicator/154/396/1/-jumlah-penduduk-menurut-agama-.html (Diakses pada tanggal 2 Juni 2022)

Huda, Nurul. 2012. Pemahaman Produsen Makanan Tentang Sertifikasi Halal. Ishraqi, Vol. 10 (1)

Izzuddin, Ahmad. (2018). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner. Universitas Muhammadiyah Jember, Vol. 3 No. 2 Juli 2018.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Online). Diakses pada tanggal 18 April 2022 https://kbbi.web.id/sadar

Kholidah, Nur. (2018). Implementasi Pemahaman Konsumsi Islam Pada Perilaku Konsumen Muslim (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Pekalongan). Vol. 14 No. 1.

Klementin Vida Arumni, “Pengaruh Gaya Hidup Brand Minded Dan Peran Kelompok Acuan Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung Berbasis Android,” Skripsi Universitas Sanata Dharma, 2013, 1–96.

Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI). Diakses pada tanggal 14 Januari2022 https://halalmui.org/mui14/main/page/e-halal-registration

Mairijani, M., Budiman, M. A., Fahmi, M. Y., & Nurhidayati, N. (2019, December). Sertifikasi Produk Halal Pada Industri Kecil Menengah di Kota Banjarmasin (Studi Kasus pada Abon Haruan Hj. Jamilah, Krupuk Haruan Mama Ozan dan Amplang Tenggiri Rusmini). In Proceeding of National Conference on Asbis, Vol. 4, pp. 174-183.

Muhammad dan Pelu, Ibnu Elmi As. (2014). Labelisasi Halal. Malang: Intrans Publishing.

Muklis dan Sari, Septi Puspita. (2020). Tingkat Pemahaman Pelaku UMKM Terhadap Sertifikasi Halal Pada Produk Dodol di Desa Serdang Kulon Kabupaten Tangerang Banten. Journal of Islamic Vol. 01 No. 01 2020:21-31

Naufal, M Faris. (2014). Analisis Pengaruh Brand Awareness, Norma Subyektif, Keyakinan Label Halal Terhadap Brand Attitude Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Kosmetik Merek Wardah (Studi Kasus Pada Pelanggan Kosmetik Merek Wardah Di Kota Semarang). Undergraduate Thesis, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis.

Novita, Riska Alvia. (2016). Analisis Biaya Sistem Jaminan Halal Dengan Metode Deskriptif Kuantitatif Dan Prevention, Appraisal, Failure (Paf) (Studi Kasus Di Rumah Potong Ayam Mitra Karya Unggas, Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Nurani, N., Nursjanti, F., Munawar, F. (2020). Penyuluhan Sertifikasi Halal Bagi UMKM Jawa Barat Pada Situasi Pandemi Covid-19. Madayani, Vol. 1 (3), 126-139

Nurdin, Muh. Syarif. (2020). Sertifikasi Produk Halal Oleh BPJPH DIY dengan Pendekatan Ekonomi Politik Perspektif Maqasid Syariah. Yogyakarta

Nuri, Desi Rahma. (2021). Analisis Rendahnya Minat Pemilik Rumah Makan Di Kota Jambi Untuk Melakukan Sertifikasi Halal. S1 thesis, Universitas Jambi.

Poerwadaminta, W.J.S.,2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka.

Pramitasari, Talisa Rahma & Fatmawati, Indah. (2017). Pengaruh Keyakinan Religius, Peran Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Vol 8, No 1 Maret 2017.

Prawira, Ahmad Aqillah. (2019). Pemodelan dan Desain Aplikasi Biaya Sertifikasi Halal Berbasis Web Pada Rumah Potong Ayam. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Prosedur Sertifikasi Halal MUI untuk Produk yang Beredar di Indoensia. Diakses pada tanggal 5 April 2022. https://www.halalmui.org/mui14/main/page/prosedur-sertifikasi-halal-mui-untuk-produk-yang-beredar-di-Indonesia.

Saleh, Abdul Rahman, dkk. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Edisi I. Jakarta: Prenada Media, 2004.

Sekaran, Uma, dan Roger Bougie. (2013). Research Methods for Business Edisi 4. Buku 2. Jakarta: Wiley

Setyaningsih, Eka Dyah dan Marwansyah, Sofyan. (2019). “The Effect of Halal Certification and Halal Awareness through Interest in Decision on Buying Halal Food Products”. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Bina Sarana Informatika, Vol. 3 No. 1 (Mei 2019), h.65.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tawil, N. M., Ramlee, S., Jaafar, J., & Saat, F. M. (2015). An overview of foodpreneur awareness among small and medium-sized enterprises (SME) of halal certification. Asian Social Science, Vol. 11 (21), 91.

Tjitroresmi, Endang dan Suhodo, Diah Setiari. (2014). Tingkat Pemahaman Produsen Terhadap Makanan Halal Dan Sertifikasi Halal. Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta 1. Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagai-mana dimaksud dalam pasal 2 ayat (1) atau Pasal 49 ayat (1) dan ayat (2), 45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.