Analisis Perbandingan Model Prediksi Kebangkrutan Dini Terhadap Bank di Indonesia dengan Kriteria KBMI 2 Periode 2015-2020


Sandro Azarya, Mia Andika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang paling tepat untuk mengukur kebangkrutan Bank Umum Konvensional di Indonesia terkhusus pada bank dengan KBMI (Kelompok Bank berdasarkan Modal Inti) urutan ke 2 tahun 2015-2020. Hal tersebut dilakukan dengan cara menghitung kebangkrutan serta menguji keakuratan model yang ada terhadap kebangkrutan Bank Umum Konvensional di Indonesia sehingga dapat menentukan model mana yang terbaik untuk mengukur kebangkrutan. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan laporan keuangan Bank dengan kriteria KBMI 2 dimana laporan tersebut tersedia di website resmi Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2020. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, metode terbaik untuk mengukur kebangkrutan bank KBMI II (Kelompok bank berdasarkan modal inti) dengan modal inti Rp 6 triliun-14 triliun yaitu metode Grover karena mampu mendeteksi 47 sampel, dengan keakuratan 97,9% dan rasio yang digunakan dalam metode Grover berpengaruh signifikan terhadap kebangkrutan bank dengan KBMI II

Kata-Kata Kunci: Kebangkrutan, Grover, Alman, Zmijewski


Full Text:

PDF

References


Adi Rizfal Efriadi, E. (2019). Kemampuan model Z- score dan model Springate dalam memprediksi financial distress BPR Multi Artha Sejahtera. Jurnal manajemen dan keuangan.

Anggela, R. Y. (2021). Comparative analysis of Fulmer, Springate and Grover models in predicting bankruptcy. Journal of islamic economics and philanthropy.

Bakri. (2019). Analisis prediksi financial distress menggunakan pendekatan model Altman dan Grover. E-journal.

Barbara gunawan, R. P. (2017). Perbandingan prediksi financial distress dengan model. Jurnal akuntansi dan investasi.

Clemence wamona mwawughanga, d. G. (2017). Application of edward Altman’s Z score model on measuring financial health of commercial banks in kenya. Journal of business and change management.

Devy Nilasari, M. H. (2018). Memprediksi perusahaan yang berpotensi mengalami masalah keuangan dengan model Altman, Springate, dan Zmijewski. Diponegoro journal of management.

Diyah santi hariyani, a. S. (2017). Analisis perbandingan model Altman, model Springate,. Jurnal akuntansi.

M. Muzanni, i. Y. (2021). Comparative analysis of Altman, Springate, and Zmijewski models in predicting the bankruptcy of retail companies in Indonesia and Singapore. The international journal of applied business.

Munawaran, A. W. (2019). Ketepatan Altman, Zmijewski, Grover, dan Fulmer menentukan financial distress pada perusahaan trade and service. Riset & jurnal akuntansi.

Otoritas jasa keuangan, republik indonesia. (2021). Statistik perbankan indonesia. Jakarta.

Sahrani. (2019). RGEC dan pengaruhnya terhadap islamic financial distress bank syariah periode 2012-2018. Tesis.

Tania, e. D. (2018). Ketepatan model Altman, Springate, Zmijewski, dan Grover dalam memprediksi financial distress. Reviu akuntansi dan keuangan.

Utari, a. D. (2021). Analisis perbandingan metode Zmijewski dan Grover dalam memprediksi kebangkrutan bank yang terdaftar pada bei tahun 2015-2019. Jurnal ilmu manajemen.

Veni Tiara Sari, A. D. (2020). Analisis model Springate, Grover dan Zmijewski. Jurnal ekonomi dan bisnis.

Yudyawati, t. (2020). Prediksi kebangkrutan menggunakan metode Altman (Z-score), Springate (S-score), Zmijewski (X-score), Grover (G-score), Ohlson (O-score), dan Kida. Skripsi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.