Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dan Public Relations Produk Pembiayaan Murabahah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus BPRS Bogor Tegar Beriman)


Fairuz Nuryana Hadiyanti, Bambang Waluyo

Abstract


Dalam kegiatan operasionalnya, sebuah manajemen perusahaan memegang peran penting dalam melihat kualitas sumber daya manusia yang dimiliki dan juga bentuk promosi yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran penerapan dari MSDM dan promosi public relations dalam meningkatkan jumlah nasabah di BPRS Bogor Tegar Beriman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari hasil wawancara dengan nasabah dan karyawan BPRS Bogor Tegar Beriman, serta data sekunder yang berasal dari jurnal ilmiah yang terkait. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran manajemen sumber daya manusia tidak secara langsung berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah melainkan kecakapan seorang karyawan yang berpengaruh terhadap produktivitasnya sehingga menghasilkan pelayanan yang memuaskan. Strategi promosi yang dilakukan dapat meningkatkan jumlah nasabah dengan diadakannya perluasan sasaran pasar. Selain itu, bentuk promosi yang paling menonjol pada BPRS Bogor Tegar Beriman yaitu public relations dimana nasabah tertarik untuk mengajukan pembiayaan dikarenakan adanya strategi jemput bola.


Full Text:

PDF

References


Adamy, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Praktik, dan Penelitian. Ljokseumawe: Universitas Malikussaleh.

Afrita, Y. (2016). Analisis Pembiayaan Murabahah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 157.

Akilah, F. (2018). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal IAIN Bone, 528-529.

Anwar, S. (2014). Analisis Penghimpunan Dana Dilihat Dari Faktor Promosi Studi Kasus Pada Bank Nagari Kantor Kas Tabing Pandang. Jurnal KBP, 2(1), 166.

Andrianto & Firmansyah, M. A. (2019). Manajemen Bank Syariah: Implementasi Teori dan Praktek. Surabaya: Qiara Media.

Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2), 60.

Djayusman, R. R. (2012). Murabahah antara Teori dan Praktik: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam, 6(2), 276.

Evita., Setyanto, Y. (2018). Strategi Marketing Public Relations dalam Meningkatan Jumlah Pelanggan di PT. Bach Multi Global. Jurnal Prologia, 2(2), 313.

Hakim, L., Anwar, A. (2017). Pembiayaan Murabahah Pada Perbankan Syariah Dalam Perspektif Hukum di Indonesia. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, 1(2), 214.

Hedynata, M. L., Radianto, W. (2016). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(1), 89.

Maryam. (2017). Strategi Marketing Public Relations dalam Meningkatkan Jumlah Tamu Hotel Pantai Marina Bengkalis. Jurnal Ilmu Pemerintahan FISIP, 4(2), 1-4.

Nurhadi. (2019). Manajemen Strategi Pemasaran Bauran (Marketing Mix) Perspektif Ekonomi Syariah. Human Falah Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(2), 142.

Puspitasari, R. A., Mukzam, M. D., Iqbal, M. (2014). Analisis Metode dan Prosedur Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi untuk Mendapatkan Karyawan yang Bermutu. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(2), 4-5.

Putri, Mahilda Anastasia., Oktafia, Renny. (2021). Strategi Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo. Jurnal Tabarru’:Islamic Banking and Finance, 4(2), 431-443.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 83-94.

Saraswati, A., Prihadini, D. (2020). Analisis Strategi Marketing Public Relation dalam Meningkatkan Loyalitas Customer Sofyan Hotel. Jurnal Lugas, 4(2), 55-56.

Sitorus, O. F., Utami, N. (2017). Buku Ajar Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Syamsurizal. (2016). Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jurnal Warta Edisi: 49, 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.