ANALISIS PENGARUH PRICE PERCEPTION LAYANAN BI FAST TERHADAP PRICE ACCEPTANCE MELALUI CUSTOMER SATISFACTION APLIKASI LIVIN’ BY MANDIRI


Restu Marietha Laras, Tetty Rimenda

Abstract


Transfer Real Time Online (RTO) menjadi salah satu jasa pelayanan untuk mengirimkan sejumlah uang dalam waktu cepat. Bank Mandiri menawarkan layanan  ini dengan biaya administrasi sebesar Rp 6.500 per transaksi. Namun sejak Bank Indonesia meluncurkan BI Fast sebagai program layanan transfer dengan biaya administrasi hanya Rp 2.500 per transaksi, maka Bank Mandiri ikut serta menyediakan fitur BI Fast ke dalam aplikasi mobile bankingnya. Dampak positif terlihat dari adanya penambahan jumlah transaksi harian BI-Fast di Bank Mandiri menembus 40 juta transaksi dengan nilai transaksi lebih dari Rp61 triliun. Penyebabnya diduga berasal dari kepuasan pengguna terhadap harga yang ditawarkan. Data penelitian ini dianalisis dengan structural equation modelling melalui AMOS. Data primer diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada 288 responden. Hasil penelitian menunjukkan BI Fast dapat meyakinkan pengguna bahwa biaya transfer sebesar Rp 2.500 sangat menguntungkan serta wajar sesuai dengan harapan dan fitur yang diterima. Faktor ini yang mendorong kepercayaan harga dan kewajaran harga pada BI Fast dapat mempengaruhi kepuasan pengguna. Sedangkan price reliability tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, dikarenakan sudah seharusnya pemenuhan harga diberikan dan tidak lagi menjadi penentu kepuasan. Selain itu, kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap penerimaan harga. Pengguna yang merasa memilih BI Fast sebagai layanan transfer adalah hal yang tepat, maka pengguna tidak akan keberatan untuk membayar biaya untuk menggunakan layanan tersebut.

Kata-Kata Kunci: Kepuasan pelanggan, transfer antar bank, penerimaan harga, kepercayaan harga, kewajaran harga, persepsi harga, dan kehandalan harga.


Full Text:

PDF

References


Ali, F., Amin , M., & Ryu, K. (2015). The Role of Physical Environment, Price Perceptions, and Consumption Emotions in Developing Customer Satisfaction in Chinese Resort Hotels. Journal of Quality Assurance in Hospitality & Tourism, 45-70.

Ali, F., Amin, M., & Cobanoglu, C. (2016). An Integrated Model of Service Experience, Emotions, Satisfaction, and Price Acceptance: An Empirical Analysis in the Chinese Hospitality Indust. Journal of Hospitality Marketing & Management, 449-475.

Asadi, A., Pool, J. K., & Jalilvand, M. R. (2014). The effect of perceived price fairness through satisfaction and loyalty on international tourists’ price acceptance of Islamic-Iranian art products. Education, Business and Society: Contemporary Middle Eastern Issues, 201-215.

Hair, e. (2010). Multivariate Data Analysis, Sevent Edition. United States Pearson.

Hair, e. (2014). Multivariate Data Analysis, New International Edition. New Jersey : Pearson.

Kaura, V. (2013). Antecedents of customer satisfaction: a study of Indian public and private sector banks. International Journal of Bank Marketing, 167-186.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing (18th ed.). London: Pearson Education.

Leonnard, Daryanto, H., Sukandar, D., & Yusuf, E. (2014). The Loyalty Model of Private University Student. International Research Journal of Business Studies, 55-68.

Minh Vu, H., Llosa, S., & Nicod, L. (2018). Analyzing the effect of Revenue Management on customers’ perceived. 1-12.

Mutonyi, S., Beukel, K., Gyau, A., & Hjortsø, C. (2016). Price satisfaction and producer loyalty: the role of mediators in business to business relationships in Kenyan mango supply chain. British Food Journal.

Oliver, R. (2015). Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer (2nd ed.). New York: Routledge.

Poh L.S., & Mohayidin M.G.B. (2011). Dimensions of price satisfaction: a study in the low cost airlines industry. International Conference on Business And Economic Research (2ND Icber 2011) Proceeding.

Pourdehghan, A. (2015). The impact of marketing mix elements on brand loyalty: A case study of mobile phone industry. Marketing and Branding Research, 44-63.

Rama, A. (2020). Strategic pricing by Islamic banks and the impact on customer satisfaction and behavioral intention. Journal of Islamic Accounting and Business Research.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2013). Consumer Behavior (8th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Silva, M. E. (2020). Quality Of Service And Price Perception Affect Customer Loyalty With Consumer Satisfaction As A Mediation Variables. Journal of Advanced Management and Business, 25-31.

Virvilaite, R., Saladiene, V., & Skindaras, D. (2009). The Relationship between Price and Loyalty in Services Industry. Engineering Economics, 96-104.

Zeithaml, V., Bitner, M., & Gremler, D. (2017). Services Marketing : Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). Dubuque: McGraw-Hill Education.

Zhu, Y.‐Q., & Chen, H.‐G. (2012). Service fairness and customer satisfaction in internet banking: Exploring the mediating effects of trust and customer value. Internet Research, 482-498.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.