Analisis Perbandingan Efisiensi Biaya Operasional (BOPO), Return On Asset (ROA), dan Return On Equity (ROE) Sebelum dan Sesudah Penerapan Branchless Banking Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk


Ina Nur Afni Tanjung, Novitasari Novitasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Return On Asset (ROA), Dan Return On Equity (ROE) sebelum dan sesudah penerapan branchless banking pada PT Bank Negara Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian komparatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumentasi yang bersumber dari laporan keuangan dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan uji beda Paired Sample t-Test dengan menggunakan software SPSS 28.0.1.1 dan teknik pengumpulan data dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) BNI sebelum dan sesudah penerapan branchless banking, terdapat perbedaan yang signifikan pada Return On Asset (ROA) BNI sebelum dan sesudah penerapan branchless banking, terdapat perbedaan yang signifikan pada Return On Equity (ROE) BNI sebelum dan sesudah penerapan branchless banking.

Kata-Kata Kunci: Branchless Banking, BOPO, ROA, ROE, Paired Sample t-Test.


Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia. (2014). Booklet Keuangan Inklusif. Jakarta. Departemen Pengembangan Akses Keuangan dan UMKM.

Dzombo, G. K., Kilika, J. M., & Maingi, J. (2017). The effect of branchless banking strategy on the financial performance of commercial banks in Kenya. International Journal of Financial Research, 8(4), 167-183.

Hakiim, N., & Rafsanjani, H. (2016). Pengaruh internal capital adequency ratio (CAR), financing to deposit ratio (FDR), dan biaya operasional per pendapatan operasional (BOPO) dalam peningkatan profitabilitas industri bank Syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(1), 161-168.

Harun, U. (2016). Pengaruh Ratio-ratio Keuangan Car, Ldr, Nim, Bopo, Npl Terhadap Roa. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 4(1), 67-82.

Insiroh, R., Prasetyoningrum, A. K., & Afendi, A. (2021). Analisis Perbandingan Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga dan Profitabilitas Sebelum dan Sesudah Penerapan Program Laku Pandai pada BRI Syariah KCP Pati Jawa Tengah. Indonesian Journal of Applied Accounting and Finance, 1(1), 17-31.

Otoritas Jasa Keuangan. (2015). Seputar Informasi Mengenai Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuagan Inklusif (Laku Pandai). Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Sarah, H. (2015). Dampak branchless banking terhadap kinerja keuangan PT bank muamalat indonesia Tbk. Al-Muzara'ah, 3(2), 136-157.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.