Analisis Pengaruh Brand awareness, Tingkat Religiusitas, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Bertransaksi Konsumen Hijup Sebagai the First Islamic Fashion E-commerce in The World


Alya Nugrahanti Ruriana, Sylvia Roza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji brand awareness, tingkat religiusitas, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan bertransaksi pada e-commerce berbasis syariah Hijup. Penelitian ini dilakukan sebab adanya kesenjangan antara Hijup yang merupakan the first Islamic fashion e-commerce in the world yang seharusnya sudah menjadi pilihan utama masyarakat dalam hal pembelian produk fashion muslim ditambah Indonesia dengan penduduk mayoritas bergama Islam tetapi tidak menjadikan Hijup pilihan utama masyarakat. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 139 responden. Data yang digunakan adalah data primer dengan kuesioner yang dibagikan secara online melalui google form. Metode analisis yang digunakan adalah structural equation modelling (SEM) dengan software Lisrel 8.8. Hasil penelitian yaitu brand awareness berpengaruh positif 1 Corresponding author. E-mail: alyaruriana@gmail.com Prosiding SNAM PNJ (2022). Alya Nugrahanti Ruriana Kode Paper: SNAM 2203108 tidak signifikan terhadap keputusan bertransaksi, sedangkan tingkat religiusitas dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan bertransaksi.

Kata-Kata Kunci: Hijup; Brand awareness; Tingkat Religiusitas; Kemudahan Penggunaan; Keputusan Bertransaksi; E-commerce.


Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on The Value of a Brand Name. New

York: The Free Press.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of

Information Technology. MIS Quarterly, Vol. 13, No. 3, 319-320.

Dewi, L. G., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image,

and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya, Indonesia.

SHS Web Conferences, Vol. 76, 3.

Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia, Fatwa No: 110/DSN-MUI/IX/2017 Tentang

Akad Jual Beli

Glock, C. Y., & Stark, R. (1969). Religion and Society in Tension. American Journal of Sociology,

Vol. 74, No. 5, 545.

Istiarni, P. R., & Hadiprajitno, P. B. (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan

Penggunaan, dan Kredibilitas Terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking

dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of

Accounting, Vol. 03, No. 02, 2-3.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ridzwan, M., Purwanti, I., & Wicaksono, Y. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga

Terhadap Keputusan Bertransaksi (Studi Kasus pada Agen BRILink BRI Unit Sidayu,

Gresik). Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, Vol. 37, No. 1, 60.

Salma, A. N. (2017). Pengaruh Sponsorship dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi pada

Sponsorship Garuda Indonesia Terhadap Liverpool FC sebagai Global Official Airline

Partner). Interdisciplinary Journal of Communication, Vol. 2, No. 1, 9-11.

Sartika, D., Mubarak, A., & Larasati, I. (2011). Hubungan antara "Religious Commitment" dengan

Keputusan Menggunakan Jasa Bank Syariah pada Dosen Unisba. Prosiding SNaPP:

Sosial, Ekonomi dan Humaniora, Vol. 2, No. 1, 438-440.

Schiffman, & Kanuk, A. (2004). Analisa Marketing Mix, Lingkungan, Sosial, Psikologi, Terhadap

Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.

Sun, H., & Zhang, P. (2006). Casual relationship between Perceived Enjoyment and Perceived

Ease of Use: An Alternative Approach. Journal of the Association for Information System,

Vol. 7, Issue 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.