Pengaruh Profitabilitas dan Beban Iklan Terhadap Agresivitas Pajak pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017-2021


Nabila Shafa, Hayati Fatimah

Abstract


Tax ratio memiliki angka ideal untuk sebuah negara yaitu minimal 15% dari total Produk Domestik Bruto (PDB) sesuai dengan standar internasional. Tax ratio di Indonesia masih mengalami penurunan dan berada dibawah angka idealyang menggambarkan bahwa belum optimalnya pungutan pajak dikarenakan masih adanya upaya perusahaan untuk mengurangi pembebanan pajaknya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas dan Beban Iklan terhadap Agresivitas Pajak. Objek penelitian yang digunakan yaitu Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama priode 2017 – 2021. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 (enam) perusahaan dengan jumlah pengamatan sebanyak 30. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan melakukan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan applikasi Statistical Package for the Social Sciens (SPSS) V.25.0. Hasil penelitian menunjukan profitabilitas berpengaruh terhadap agresivitas pajak, sedangkan beban iklan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Hasil penelitian juga membuktikan profitabilitas dan beban iklan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap agresivitas pajak.

Kata-Kata Kunci: Profitabilitas, Beban Iklab, Agresivitas Pajak


Full Text:

PDF

References


Amin, M. A. (2018). Filsafat Teori Akuntansi. Unimma Press. https://books.google.co.id/books?id=O8uPDwAAQBAJ

Annisa, A., Taufik, T., & Hanif, R. A. (2017). Pengaruh return on asset, leverage, ukuran perusahaan dan koneksi politik terhadap penghindaran pajak (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2012-2015).

Chasanah, A. N. (2018). Pengaruh rasio likuiditas, profitabilitas, struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bei tahun 2015-2017. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 39–47.

Dewi, N. L. P. P., & Noviari, N. (2017). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas dan corporate social responsibility terhadap penghindaran pajak (tax avoidance). E-Jurnal Akuntansi, 21(2), 882–911.

Dewi, N. M. (2019). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen dan Komite Audit Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Maksimum, 9(1), 40–51.

Eksandy, A. (2017). Pengaruh komisaris independen, komite audit, dan kualitas audit terhadap penghindaran pajak (tax avoidance)(studi empiris pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014). Competitive Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 1–20.

Hastian, C. (2019). Hubungan pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas dengan Penghindaran Pajak pada Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI tahun 2016-2018 [Universitas Sanata Dharma]. https://repository.usd.ac.id/35931/2/152114013_full.pdf

Ikhwal, N. (2016). Analisis ROA dan ROE Terhadap Profitabilitas Bank Di Bursa Efek Indonesia. Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, 1(2), 211–227.

Laucereno, S. F. (2018, August). Cerita Sri Mulyani Yang Malu Rasio Pajak RI Cuma 11%. Finance.Detik.Com. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4153053/cerita-sri-mulyani-yang-malu-rasio-pajak-ri-cuma-11

Mustami, A. A. (2014, June). Coca-Cola Diduga Akali Setoran Pajak. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2014/06/13/1135319/Coca-Cola.Diduga.Akali.Setoran.Pajak

Nguyen, A. (2015). Product Market Advertising and Corporate Tax Aggresiveness. Australia, Monash University.

Novitasari, M., & Suharni, S. (2019). Implikasi Indikator Keuangan Terhadap Tax Avoidance. AFRE (Accounting and Financial Review), 2(1), 16–23.

Noviyani, E., & Mu’id, D. (2019). Pengaruh return on assets, leverage, ukuran perusahaan, intensitas aset tetap dan kepemilikan institusional terhadap penghindaran pajak. Diponegoro Journal of Accounting, 8(3).

Panjalusman, P. A., Nugraha, E., & Setiawan, A. (2018). Pengaruh transfer pricing terhadap penghindaran pajak. JPAK: Jurnal Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 6(2), 105–114.

Pohan, C. A. (2018). Optimizing Corporate Tax Management: Kajian Perpajakan dan Tax Planning-nya Terkini (S. B. Hastuti (Ed.); 2nd ed.). Bumi Aksara.

Pradnyadari, I. D. A. I., & Rohman, A. (2015). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak. Diponegoro Journal of Accounting, 4(2), 126–134.

Puspita, D. A., & Putra, H. C. (2022). PENGARUH PROFITABILITAS DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 15(2), 71–81.

Puspitasari, D., Radita, F., & Firmansyah, A. (2021). Penghindaran pajak di Indonesia: profitabilitas, leverage, capital intensity. Jurnal Riset Akuntansi Tirtayasa, 6(2), 138–152.

Rahmadani, F. N. U., Muda, I., & Abubakar, E. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Manajemen Laba terhadap Penghindaran Pajak Dimoderasi oleh Political Connection. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 375–392.

Sa’diyah, I. (2016). Pengaruh Keadilan, Sistem Perpajakan, Diskriminasi, dan Kemungkinan Terdeteksi Kecurangan Terhadap Presepsi Wajib Pajak Mengenai Perilaku Etika Penggelapan Pajak (Tax Evasion). Universitas Muhammadiyah Gresik.

Savitri, D. A. M., & Rahmawati, I. N. (2017). Pengaruh leverage, intensitas persediaan, intensitas aset tetap, dan profitabilitas terhadap agresivitas pajak. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 8(2), 19–32.

Siregar, R., & Widyawati, D. (2016). Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manufaktur di BEI. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(2).

Stawati, V. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 6(2), 147–157.

Susanti, D., & Satyawan, M. D. (2020). Pengaruh Advertising Intensity, Inventory Intensity, Dan Sales Growth Terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 9(1).

Wibawa, Y. G. P. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility Leverage dan Profitabilitas Terhadap Praktik Penghindaran Pajak. https://repository.usd.ac.id/37138/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.