Analisis Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Bisnis Syariah Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index 2015 – 2021)


Fitri Maharani, Nedsal Sixpria

Abstract


Tata kelola perusahaan yang baik sangat penting bagi setiap perusahaan. Jika tata kelolanya itu baik maka akan meningkatkan kinerja dari perusahaan itu yang mengakibatkan laba meningkat. Komite audit, komisaris independen, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional merupakan mekanisme perusahaan yang memiliki peran dalam mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan agar menghindari suatu penyimpangan yang terjadi pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance (GCG) yang terdiri dari ukuran komite audit, komisaris independen, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional dan rasio kriteria saham syariah terhadap kinerja keuangan perusahaan yang terdaftar di JII tahun 2015-2021. Metode analisis data dalam penelitian ini terdiri analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan  komisaris independen tidak berpengaruh secara statistik terhadap kinerja keuangan perusahaan yang terdaftar di JII tahun 2015- 2021. Sedangkan komite audit, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional serta rasio 1 hutang berbasis bunga dan rasio syariah 2 pendapatan berbasis bunga berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan yang terdaftar di JII tahun 2015-2021.

Kata-Kata Kunci: Good Corporate Governance, Jakarta Islamic Index, Rasio Saham Syariah.


Full Text:

PDF

References


Arianto, Bambang. 2020. “Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Perekonomian Dunia.” Jurnal Ekonomi Perjuangan 2(2).

BEI. 2010. “Bursa Efek Indonesia.” https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan/.

Fadillah, Adil Ridlo. 2017. “Analisis Pengaruh Dewan Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kinerja Perusahaan Yang Terdaftar Di LQ45.” Jurnal Akuntansi 12(1): 37–52.

Otoritas Jasa Keuangan. 2014. “Peraturaan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 33/POJK.04/2014 Tentang Direksi Dan Dewan Komisaris Emiten Atau Perusahaan Publik.” https://www.ojk.go.id/id/regulasi/Documents/Pages/POJK-tentang-Direksi-dan-Dewan--Komisaris-Emiten-atau-Perusahaan-Publik/POJK 33. Direksi dan Dewan Komisaris Emiten Atau Perusahaan Publik.pdf.

Pratiwi, Fernanda Lady, R Anastasia Endang Susilawati, and Nanang Purwanto. 2016. “Analisis Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Yang Terdaftar DI BEI.” Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi 4(1).

Wardayati, Siti Maria. 2011. “Implikasi Shariah Governance Terhadap Reputasi Dan Kepercayaan Bank Syariah.” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 19(1)

Widhianningrum, Purweni, and Nik Amah. 2012. “Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Selama Krisis Keuangan Tahun 2007-2009.”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.