Apakah Pengakuan Pendapatan Perusahaan E-Commerce Sudah Sesuai dengan Standar Akuntansi yang Berlaku? (Studi Kasus PT. XYZ)


Jihan Fauruz, Yusep Friya Purwa Setya

Abstract


Penelitian ini mengenai kesesuaian pengakuan dan pencatatan pendapatan pada salah satu perusahaan e-commerce bidang pendidikan di Indonesia, yaitu PT. XYZ dengan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah sistem pengakuan pendapatan PT. XYZ. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dalam bentuk wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendapatan PT. XYZ terdiri dari dua sumber, yaitu individu dan kolektif. Prinsip akuntansi pengakuan pendapatan PT. XYZ belum sesuai dengan SAK EMKM untuk pendapatan individu dan kolektif dari sekolah karena langsung mengakui adanya pendapatan di saat jasa belum dilaksanakan. Namun telah sesuai dengan SAK EMKM untuk pendapatan kolektif dari komunitas karena diakui ketika jasa telah dilaksanakan.

Kata-Kata Kunci: Pengakuan pendapatan; E-Commerce; SAK EMKM


Full Text:

PDF

References


Adaji, I., & Vassileva, J. (2017). Perceived effectiveness, credibility and continuance intention in

e-commerce: a study of Amazon. International Conference on Persuasive Technology, 293–306.

Akhmaddhian, S., & Agustiwi, A. (2016). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Secara Elektronik Di Indonesia. UNIFIKASI: Jurnal Ilmu Hukum, 3(2), 40–60.

Arimbhi, P., Susanto, I., & Ghany, S. K. (2019). Proses Bisnis Dan Aspek Pemungutan Pajak Atas Transaksi E-commerce Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 6(1), 53–67.

Bahri, S. (2020). Pengantar Akuntansi Berdasarkan SAK ETAP dan IFRS (EDISI III). Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id=W0YQEAAAQBAJ

Faraoni, M., Rialti, R., Zollo, L., & Pellicelli, A. C. (2019). Exploring e-loyalty antecedents in B2C

e-commerce. British Food Journal, 121(2), 574–589.

Gie. (2021). SAK ETAP: Pengertian dan Pembahasan Lengkapnya. https://accurate.id/akuntansi/sak-etap/

Ikatan Akuntan Indonesia. (2011). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2018). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2020). PSAK 72: Pendapatan dari Kontrak dengan Pelanggan. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Perkasa, R. E., Nyoman Serikat, P., & Turisno, B. E. (2016). Perlindungan Hukum Pidana Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Jual/Beli Online (E-Commerce) Di Indonesia. Diponegoro Law Journal, 5(4), 1–13.

Pradana, M. (2017). Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia.

Prasetio, A., Ashoer, M., Hutahaean, J., Simarmata, J., Samosir, R. S., Nugraha, H., Jamaludin, J., Harmayani, H., Putra, S. H., & Irdawati, I. (2021). Konsep Dasar E-Commerce. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=xt8hEAAAQBAJ

Puryanto. (2020). Teknologi Pendidikan Era Digital dan Tantangan Indonesia Menghadapi Dinamika Peradaban Milenium Sebagai Era Robotic. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/teknologi-pendidikan-era-digital-dan-tantangan-indonesia-menghadapi-dinamika-peradaban-milenium-sebagai-era-robotic

Rakanaldy, C. B. N. (2014). Pengakuan Pendapatan Sistem E-Commerce (Studi Kasus Pada PT. Garuda Indonesia).

Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Adaji, I., & Vassileva, J. (2017). Perceived effectiveness, credibility and continuance intention in

e-commerce: a study of Amazon. International Conference on Persuasive Technology, 293–306.

Akhmaddhian, S., & Agustiwi, A. (2016). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Secara Elektronik Di Indonesia. UNIFIKASI: Jurnal Ilmu Hukum, 3(2), 40–60.

Arimbhi, P., Susanto, I., & Ghany, S. K. (2019). Proses Bisnis Dan Aspek Pemungutan Pajak Atas Transaksi E-commerce Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah Untuk Mewujudkan Masyarakat Madani, 6(1), 53–67.

Bahri, S. (2020). Pengantar Akuntansi Berdasarkan SAK ETAP dan IFRS (EDISI III). Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id=W0YQEAAAQBAJ

Faraoni, M., Rialti, R., Zollo, L., & Pellicelli, A. C. (2019). Exploring e-loyalty antecedents in B2C

e-commerce. British Food Journal, 121(2), 574–589.

Gie. (2021). SAK ETAP: Pengertian dan Pembahasan Lengkapnya. https://accurate.id/akuntansi/sak-etap/

Ikatan Akuntan Indonesia. (2011). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2018). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2020). PSAK 72: Pendapatan dari Kontrak dengan Pelanggan. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Perkasa, R. E., Nyoman Serikat, P., & Turisno, B. E. (2016). Perlindungan Hukum Pidana Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Jual/Beli Online (E-Commerce) Di Indonesia. Diponegoro Law Journal, 5(4), 1–13.

Pradana, M. (2017). Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia.

Prasetio, A., Ashoer, M., Hutahaean, J., Simarmata, J., Samosir, R. S., Nugraha, H., Jamaludin, J., Harmayani, H., Putra, S. H., & Irdawati, I. (2021). Konsep Dasar E-Commerce. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=xt8hEAAAQBAJ

Puryanto. (2020). Teknologi Pendidikan Era Digital dan Tantangan Indonesia Menghadapi Dinamika Peradaban Milenium Sebagai Era Robotic. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/teknologi-pendidikan-era-digital-dan-tantangan-indonesia-menghadapi-dinamika-peradaban-milenium-sebagai-era-robotic

Rakanaldy, C. B. N. (2014). Pengakuan Pendapatan Sistem E-Commerce (Studi Kasus Pada PT. Garuda Indonesia).

Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Republik Indonesia. (2010). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Rerung, R. R. (2018). E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. https://books.google.co.id/books?id=reFUDwAAQBAJ

Romindo, R., Muttaqin, M., Saputra, D. H., Purba, D. W., Iswahyudi, M., Banjarnahor, A. R., Kusuma, A. H. P., Effendy, F., Sulaiman, O. K., & Simarmata, J. (2019). E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=PirGDwAAQBAJ

Rosalie, E., & Budiarso, N. S. (2017). Analisis Pengakuan Pendapatan dan Beban Menurut PSAK No. 28 Pada PT. Asuransi Tri Pakarta Cabang Manado. ACCOUNTABILITY, 6(1), 81–91.

VanHoose, D. (2011). Ecommerce economics. NewYork: Routledge.

Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., & Kieso, D. E. (2015). Accounting Principles, 12th Edition International Student Version (Twelfth Ed). Hoboken: John Wiley & Sons.

Wicaksono, S. A., & Aminata, J. (2018). Analisis faktor–faktor yang mempengaruhi pendapatan umkm pada marketplace online tokopedia, bukalapak, dan shopee. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.