Penilaian Kinerja Keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Tahun Anggaran 2016-2020


Yusrina Darneli, Herbirowo Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai dan mengetahui kinerja keuangan Pemprov Sumatera Barat yang diukur dengan menggunakan rasio kemandirian keuangan daerah, rasio derajat desentralisasi, rasio efektivitas, rasio efisiensi dan rasio ekonomis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik dokumentasi untuk pengumpulan data. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Tahun Anggaran 2016-2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian terhadap kinerja keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang diukur menggunakan (1) rasio kemandirian keuangan daerah berada pada kategori sedang dengan pola hubungan pasrtisipatif, (2) rasio derajat desentralisasi berada di kategori sedang, (3) rasio efektivitas berada pada kategori efektif, (4) rasio efisiensi berada di kategori kurang efisien, (5) rasio ekonomis berada pada ketegori ekonomis.

Kata-Kata Kunci: Kinerja Keuangan Daerah, Rasio Kemandirian keuangan Daerah, Rasio Derajat Desentralisasi, Rasio Efektivitas, Rasio Efisiensi, Rasio Ekonomis.


Full Text:

PDF

References


Halim, A., & Kusufi, M. S. (2014). Teori, Konsep, dan Aplikasi Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Halim, A., Restianto, Y. E., & Karman, I. W. (2010). Sistem Akuntansi Sektor Publik.

Kurniawati, N. (2016). Analisis Penerapan Konsep Value For Money pada Pemerintah Kabupaten Bantul. Jurnal Akuntansi Manajemen, 3(1)

Mahmudi, M. (2016). Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Edisi Ketiga, UPP STIM YKPN, Yogyakarta

Mahsun, M. (2016). Pengukuran Kinerja Sektor Publik (Edisi Pert). BPFE Yogyakarta.

Sumual, C. D., Kalangi, L., & Gerungai, N. Y. T. (2017). Analisis Pengukuran Kinerja Keuangan Pada Pemerintah Kota Tomohon. GOING CONCERN: JURNAL RISET AKUNTANSI, 12(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.