Analisis Pengaruh Kondisi Keuangan dan Kebijakan Insentif Pajak terhadap Kepatuhan Perpajakan UMKM Jak Preneur di Wilayah Kecamatan Kalideres pada Masa Pandemi Tahun 2020-2021


Nia Alawiyah, Hayati Fatimah

Abstract


Pandemi Covid-19 telah membuat kemerosotan ekonomi di Indonesia. Hal tersebut membuat penerimaan pajak negara berkurang drastis di Tahun 2020. Sektor UMKM di Indonesia yang berperan besar dalam Peredaran Domestik Bruto (PDB) juga mengalami kondisi keuangan yang buruk akibat pandemi. Pemerintah berupaya membantu UMKM dengan menegeluarkan kebijakan insentif pajak. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh kondisi keuangan dan kebijakan insentif pajak terhadap kepatuhan perpajakan UMKM. Populasi penelitian ini adalah UMKM Jak Preneur di wilayah Kecamatan Kalideres Kota Administrasi Jakarta Barat sebanyak 50 wirausaha dan jumlah sampel penelitian sebanyak 44 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah kondisi kuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan perpajakan UMKM. Sedangkan kebijakan insentif pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan perpajakan UMKM. Hasil penelitian ini juga menunjukan kondisi keuangan dan kebijakan insentif pajak secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan perpajakan UMKM.

Kata-Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Kondisi Keuangan, Kebijakan Insentif Pajak, Kepatuhan Perpajakan


Full Text:

PDF

References


Amelia. (2018). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016).

Ardayanti, P. V. N., & Jati, I. K. (2019). Pengaruh Tax Amnesty dan Kondisi Keuangan pada Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 26.

Aryawan, Karmana, & Wijana. (2022). PENGARUH KEBIJAKAN EKONOMI BERBASIS INSENTIF PAJAK DAN SISTEM ADMINISTRASI PAJAK MODERN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA DENPASAR PADA MASA PANDEMI. Jurnal Pajak Indonesia, 6(1).

Darna, N., & Herlina, E. (2018). MEMILIH METODE PENELITIAN YANG TEPAT: BAGI PENELITIAN BIDANG ILMU MANAJEMEN. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivarate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hendrawati, Pramudianti, & Abidin. (2021). PENGETAHUAN PAJAK, SANKSI PAJAK, MODERNISASI SISTEM, KONDISI KEUANGAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 04(01), 214–230.

Indahsari, D. N., & Fitriandi, P. (2021). PENGARUH KEBIJAKAN INSENTIF PAJAK DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENERIMAAN PPN. Jurnal Pajak Dan Keuangan Ngara, 3(1), 24–36.

Lahay, Kantohe, & Marunduh. (2022). ANALISIS PENERAPAN INSENTIF PAJAK BAGI WAJIB PAJAK UMKM YANG TERDAMPAK COVID-19 DI KOTA MANADO. Jurnal Akuntansi Manado, 3(1).

Marlyna, D., Mareta, A. R., & Yufantria, F. (2022). Evaluasi kepatuhan pajak UMKM selama pandemi covid 19. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(1).

Ningsih, S., & Dukalang, H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analisis Regresi Linear Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1).

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional.

Putri, N. J. P., & Iqbal, S. (2020). ANALISIS KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM TERKAIT PEMBERIAN INSENTIF PAJAK DALAM PP NOMOR 23 TAHUN 2018. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.

Rahmawati, E., & Apriliasari, V. (2021). INSENTIF PPH FINAL DITANGGUNG PEMERINTAH SELAMA PANDEMI COVID-19 BAGI UMKM YANG MEMILIKI PEREDARAN BRUTO TERTENTU. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara, 3(1), 81–97.

Resmi, S. (2019). Perpajakan Teori & Kasus (11th ed.). Salemba Empat.

Riyanti, B., & Sudarmawanti, E. (2022). Meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak UMKM paa era New Normal melalui pemberian insentif pajak, peningkatan kondisi keuangan dan Kesadaran Pajak. Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(2).

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business (7th ed.). John Wiley and Sons Ltd.

Sitindoan, R. S. L., & Bandiyono, A. (2021). PENERAPAN INSENTIF PAJAK PENGHASILAN FINAL BAGI UMKM DI KPP PRATAMA BALIGE PADA MASA PANDEMI COVID-19. EDUCORETAX, 1(2).

Susyanti, J., & Askandar, N. S. (2019). Why is Tax Knowledge and Tax Understanding Important? Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 16(2).

Suyono. (2018). Analisis Regresi untuk Penelitian. Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.