Pengaruh Perencanaan Pajak dan Return on Assets Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Transportasi dan Logistik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia


Edito Biantara Titus, Hayati Fatimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perencanaan pajak dan return on assets terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor transportasi dan logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Objek penelian dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor transportasi dan logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan selama 3 (tiga) tahun yaitu pada tahun 2019 – 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan di sektor transporasi dan logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan sampel yang memenuhi kriteria pada penelitian ini adalah sebanyak 7 (tujuh) perusahaan, yang diseleksi menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif yang diambil dari situs resmi BEI berupa laporan keuangan perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan software Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pajak tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan return on assets berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, selain itu hasil penelitian juga menunjukkan perencanaan pajak dan return on assets secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.

Kata-Kata Kunci: Perencanaan Pajak; Return on Assets; Nilai Perusahaan


Full Text:

PDF

References


Andriani, Wanda Tri. (2020). Penerapan Perencanaan Pajak Terhadap Efisiensi Beban Pajak Penghasilan Badan Pada PT. Indocement Tunggal Prakrsa TBK. Skripsi. Bogor: Universitas Pakuan Bogor

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2010). Dasar - Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indriany, L. S., & Sapari. (2022). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 11(5), 1-17.

Jama’an. (2008). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, dan Kualitas Kantor Akuntan Publik Terhadap Integritas Informasi Laporan Keuangan. Skripsi. Jurusan Akuntansi: UNDIP.

Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. Medan: Umsu Press.

Karunia, I. T. P., & Triyonowati. (2022). Pengaruh ROA, DER, NPM Terhadap Harga Saham Otomotif Di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(1).

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lanis, R. and Richardson, G. (2012). Corporate Social Responsibility and Tax Aggressiveness: An Empirical Analysis. Journal of Accounting and Public Policy, 31, 86-108.

Pohan, Chairil Anwar. (2013). Manajemen Perpajakan Strategi Perencanaan Pajak dan Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Prasetyorini, B. F. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi, Vol. 12(5).

Rahayu, D. S., Hardiyanto, A. T., & Simamora, P. (2019). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Logam Dan Sejenisnya Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017. Jurnal Online Mahasiwsa (JOM) Bidang Akuntansi, 6(2).

Sajiwa, P. B. (2020). Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Medan: UMSU

Sitohang, J. A., & Sudjiman L. S. (2022). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Tekstil Dan Garment Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 – 2021. Jurnal, Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(11), 52-63.

Sembiring, S., & Trisnawati, I. (2020). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 21(1a-2), 173-184.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Tambahani, G. D., Sumual, T. E., & Kewo, C. (2021). Pengaruh Perencanaan Pajak (Tax Planning) dan Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) Terhadap Nilai Perusahaan : Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019. Jurnal Akuntansi Manado (JAIM), 2(2), 142-154.

Zurriah, Rezki. (2021). Pengaruh Return On Asset (ROA) Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal AKMAMI, 2(3), 528 – 537.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.