ANALISA KEKUATAN MEKANIK PADA MATERIAL AISI 4340 TERHADAP WELDING REPAIR DENGAN METODE SMAW

DOI: https://doi.org/10.32722/pt.v14i3.766

Dewin Purnama, Galih Ardy Wardana, Nikko Setyo Adicandra

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan teknologi di bidang perindustrian yang semakin maju tidak dapat dipisahkan dari proses pengelasan, salah satunya adalah welding repair. Perbaikan pengelasan bisa mempengaruhi suatu prosedur untuk dapat menghasilkan komponen yang aman dan mampu digunakan sesuai dengan ketentuannya. Kekuatan sambungan las harus diperhatikan dan dijamin kekuatannya, sehingga diharapkan minimal kekuatannya sama dengan kekuatan base metal, khususnya material yang digunakan untuk poros. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan kualitas mekanik antara raw material baja paduan rendah kekuatan tinggi (HSLA) AISI 4340 dengan material yang sudah dilas. Sehingga akan didapat informasi mengenai kekuatan perubahan sifat mekanik dari sambungan las material AISI 4340 setelah di welding repair dibandingkan dengan raw material AISI 4340.
Metode proses pengelasan yang digunakan adalah SMAW (Shielded Metal Arc Welding) DC polaritas terbalik dengan arus 70 Ampere dan 100 Ampere, elektroda yang dipakai E7016 dan E7018 diameter 3,2 mm serta kampuh yang digunakan adalah kampuh V-Groove dengan sudut 60°. Material uji adalah AISI 4340. Pengujian yang dilakukan adalah uji tarik, uji impak dan uji kekerasan.
Hasil akhir dari penelitian ini telah didapat nilai kekuatan tarik material hasil pengelasan mengalami penurunan sebesar 0,26% dibanding raw material. Nilai rata-rata kerja patah dan nilai ketangguhan material hasil pengelasan mengalami penurunan terhadap raw material, yaitu sebesar 13,73% untuk kerja patah dan 9,18% untuk nilai ketangguhan. Nilai rata-rata kekerasan material hasil pengelasan juga mengalami penurunan 1,64% terhadap raw material. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah material AISI 4340 tidak dapat dilakukan welding repair menggunakan metode SMAW dengan elektroda E7018 diameter 3,2 mm.

Kata Kunci : Welding Repair, Las SMAW, AISI 4340, Sifat Mekanik Material

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License