Alasan Utama Perusahaan Jasa Kontruksi Melakukan Investasi Teknologi Informasi

DOI: https://doi.org/10.32722/pt.v9i1.484

Andi Maddeppungeng

Abstract


Abstrak.
Pada era informasi ini perusahaan jasa konstruksi telah menyadari pentingnya peran teknologi informasi dalam menunjang proses bisnis konstruksi, yang mana pada saat ini diharuskan menunjukkan kualitas pekerjaan yang sesuai spesifikasi, baik teknis maupun administrasi.
Demikian pula efisiensi biaya, metode dan waktu pelaksanaan pekerjaan konstruksi sangat mewarnai persaingan, dalam bidang industri konstruksi yang trennya semakin menunjukkan peningkatan seiring dengan berjalannya waktu.
Disisi lain pemilik proyek konstruksi sangat ketat jadual penyerahan pekerjaan, karena bangunan tersebut sudah akan dimanfaatkan, utamanya jika bangunan tersebut diperuntukkan senbagai fasilitas umum.
Untuk menjawab permasalahan seperti yang dimaksud tadi maka perusahaan industri konstruksi melakukan investasi dalam bidang teknologi informasi, dengan harapan untuk memenuhi permintaan klien untuk melakukan pekerjaan teknik yang lebih efisien, pengelolaan progres pekerjaan, disamping mutu, waktu dan biaya pelaksanaan pekerjaan dari setiap tahapan pekerjaan yang harus dilaporkan tepat waktu.
Investasi teknologi informasi oleh perusahaan industri konstruksi harus diimbangi dengan penyiapan sumberdaya manusia perusahaan yang dapat mengoperasikan teknologi informasi tersebut sebagai sarana komunikasi antara klien, dan konsultan manajemen konstruksi, dalam masa pelaksanaan sampai penyerahan proyek.
Kata Kunci: Jasa konstruksi, investasi, teknologi informasi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License