Caption Foto Berita pada Surat kabar harian Ibukota Sebagai Gambaran Bagi Pembacanya (Studi Kasus: Caption Foto Suuratkabar Harian Republikan)


Cecep Gunawan, Susilawati Susilawati

Abstract


Foto jurnalistik memiliki lima fungsi Pertama, untuk mengkomunikasikan berita (to communicate the news), dan menyempurnakan suatu berita, dimana tanpa kehadiran foto, berita tersebut akan terasa hambar. Kedua, fungsi foto jurnalistik untuk menimbulkan minat (to generate interest). Ketiga, foto jurnalistik berfungsi untuk menonjolkan dimensi lain dari sebuah objek pemotretan yang dipublikasikan (to give another dimension to a newsworthy figure). Keempat, foto jurnalistik berfungsi untuk meningkatkan berita (sisi kualitas pemberitaan) tanpa mengurangi arti berita, dan terakhir Kelima adalah pertimbangan pengaruh, kesesuaian, kemungkinan desain, dan kualitas. Secara visual sebuah foto harus sesuai dengan isi berita yang ditampilkan. Thomas Elliot Berry (dalam Cahyadi, 2002). Penelitian ini memfokuskan pada penyajian caption foto sebagai berita pada halaman suratkabar. Penelitian ini merupakan penelitian tahap dua sesuai roadmap pada penelitian terdahulu 2021 bertujuan  untuk memahami model penempatan foto berita pada suratkabar dengan empat fase seperti yang digambarkan dalam roadmap penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Penulis melakukan penelitian terhadap isi Caption pada foto sebagai berita  suratkabar Republika edisi Mei sampai dengan Oktober 2022.


Full Text:

pdf

References


Alwi,Mirza Audy. 2006. Foto Jurnalistik Metode Memotret dan engirim Foto ke Media Massa. Jakarta : PT Bumi Aksara

Berger, Arthur Asa. 2005. Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer, Suatu Pengantar Semiotika. Yogyakarta:Tiara Wacana Yogya.

Bungin, Burhan. 2008, Penelitian Kualitatif, Kencana Predana Media Group, Jakarta

Cangaram Hafied. 2006, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta, PT. Raja Gafindo Persada.

Effendy, Onong Uchana, 2000, Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Gunadi, YS, Herfan, Djonoy, 1998, Himpunan Istilah Komunikasi, Jakarta, Grasindo. Hoeta Soehoet, A.M.. 2003, Dasar-Dasar Jurnalistik, Jakarta, IISIP Jakarta

Hutt, Allen dan Bob James, 2001, News Paper Desain Today (A Manualf for `Profesional), London: Lun and Humphries Publiser Ltd.

lwi, Audy Mirza. 2004, Foto Jurnalistik, Metode Memotret dan Mengirim Foto ke Media Massa. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Muller, Josef dan Brockmann, 2002, Grid System in Graphic Design, Switzeland, Arthur Niggli Ltd.

Priatna, Wahyu Budi. 2017. Panduan Kuliah dan Praktikum Fotografi. Bogor: Idemedia Pustaka Utama

Sugiarto, Atok. 2014. Jurnalisme Pejalan Kaki: Kiat Membuat Foto Untuk Laporan Jurnalistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sunardi, ST, 2004. Semiotika Negativa. Yogyakarta: Kanal

Wibisono,Aryo Bayu, dan Aphief.T. Artanto.2018. Sidoajo: Buku Ajar Fotografi Teori dan Praktik


Refbacks

  • There are currently no refbacks.