Validitas Delapan Dimensi Kecerdasan Majemuk pada Mahasiswa Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta


Mohammad Fauzy, Maida Turnip

Abstract


Penelitian ini mempermasalahkan validitas delapan dimensi Kecerdasan majemuk mahasiswa Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan, Politeknik Negeri Jakarta. Yang akan divalidasi adalah kedelapan dimensinya. Karena setiap dimensi terdiri atas pernyataan-pernyataan, maka yang divalidasi lebih dahulu adalah pernyataan-pernyataan yang ada pada tiap dimensi (tiap dimensi berisi 10 butir pernyataan). Jika butir-butir pernyataan yang digunakan pada delapan dimensi kecerdasan majemuk tersebut sudah valid, -- mengukur hal-hal yang akan  diukur pada Kecerdasan Majemuk--, maka hasil-hasil analisis mengenai delapan dimensi tersebut relatif sudah benar. Maka dapat dilihat seberapa besar sumbangan tiap dimensi kecerdasan tersebut dalam pembentukan Kecerdasan majemuk secara berurutan sehingga lebih dipahami secara sederhana. Namun, bila butir-butir pernyataan tersebut tidak valid maka dimensi-dimensi Kecerdasan majemuk yang selama ini diukur, pasti mengalami bias, sehingga hasil-hasil penelitian yang menggunakan delapan dimensi itupun keliru. Karena itu, validitas tiap butir pernyataan dan setiap dimensi kecerdasan majemuk menjadi hal yang sangat penting. Melaluii metode ini, ketepatan pengukuran Kecerdasan majemuk diharapkan bisa meningkat. Penelitian ini menggunakan metode survey pada mahasiswa Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan sebagai responden. Kuesioner disusun dengan menggunakan skala Kecerdasan majemuk Thomas Amstrong yang dimodifikasi. Hasil-hasil validasi Kecerdasan majemuk ini akan dianalisis dengan pendekatan metode statistik korelasi dan analisis faktor.


Full Text:

PDF

References


Armstrong, Thomas. 2013. Kecerdasan Multipel di Dalam Kelas, ed. Ketiga, PT Indeks, Jakarta.

Crow, Lestar D dan Alice Crow. 2005. Psikologi Pendidikan. Penerjemah Abd. Rachman Abror, Nur Cahaya, Yogyakarta.

Cunningha, Josh. 2012 “Student Achievement” National Conference of State Legislatures.

Farida Agus Setiawati, Djemari Mardapi, Saifuddin Azwar, “Penskalaan Teori Klasik Instrumen Multiple Intelligencies Tipe Thrustone dan Likert”, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Tahun 17, No. 2, 2013.

Fauzy, Mohammad, Laporan Hasil Test Multiple Intelligences Peserta Program Hijla_KBI Batch 1, Maya Aksara, Jakarta, 2015.

Mohammad Fauzi. 2019. “Hubungan Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Mahasiswa Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan”, Politeknik Negeri Jakarta, Seminar Nasional Tetamekraf, TGP.

Furnham, Adrian. The Validity of a New, Self-report Measure of Multiple Intelligence, Current Psychology volume 28, Article number: 225(2009).

Gardner, Howard, Multiple Intelligencies, Daras Books, Jakarta, Cet. 1, 2013.

Jamaris, Martini. “Pengembangan Instrumen Baku Kecerasan Jamak Anak Usia Dini”, Jurnal Parameter Volume 25 No. 2 Tahun 2014.

Kerlinger, Fred, N., Asas-asas Penelitian Behavioral, Gadjah Mada University Press, Cet. 3. 1993.

Saifuddin Azwar, Reliabilitas dan Validitas, Sigma Alpha Yogyakarta, 1992.

Shearer, C. Branton, Reliability, “Validity and Utility of a Multiple Intelligences Assessment for Career Planning”. The Annual Meeting of the American Psychological Association (105th, Chicago, IL, August 15-19, 1997),1997-08-15.

Sreenidhi S.K, Helena, Tay Chinyi, “Multiple Intelligence Assessment Based On Howard Gardner’s”, International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 7, Issue 4, April 2017.

Widya, R. Surya, 280 Tanya Jawab Mengenai Kesehatan Jiwa, RS Jiwa Dr Soeharjo Heerdjan, Jakarta, 2006.

Syurfah, Ariany, Multiple Intelligences For Islamic Teaching Panduan Melejitkan Kecerdasan Majemuk Anak Melalui Pengajaran Islam, PT Syaamil Cipta Media, Bandung, 2007.

Taufiq Pasiak, Revolusi IQ/EQ/SQ: Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan Al- Quran dan Neurosains Mutakhir, Penerbit Mizan, 2008.

Vigih Hery Kristanto, Resty Rahajeng, “Validitas Lesson Plan Berbasis Multiple Intelligences untuk Pembelajaran Matematika pada Peserta Didik SMP”, Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 2, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.