Analisis Peramalan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kemasan Corrugated Single Wall di Pt X


Zulkarnain Zulkarnain, Atikah Wahyuni Salsabila

Abstract


Peningkatan penjualan kemasan sering kali tidak disertai dengan kesiapan bahan baku kemasan di industri kemasan. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya kekurangan atau kelebihan bahan baku dalam proses produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan metode peramalan bahan baku yang tepat dengan cara membandingkan dua metode. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode peramalan moving average dan exponential smoothing. Nilai bergerak yang digunakan dalam metode moving average adalah 2, sedangkan nilai alpha (α)yang digunakan dalam metode exponential smoothing adalah 0.1 dan 0.9. Hasil peramalan dengan kedua metode tersebut kemudian diuji tingkat kesalahannya. Hasil dari uji tingkat kesalahan peramalan diperoleh bahwa metode peramalan exponential smoothing dengan nilai α = 0.1 memiliki nilai kesalahan terendah dibanding metode moving average dengan nilai MAD sebesar 306121.1 dengan MSE 127027 dan  nilai MAPE sebesar 53.298%. Berdasarkan hasil tersebut, maka metode exponential smoothing dengan nilai α = 0.1 merupakan metode yang paling tepat untuk digunakan PT X dalam meramalkan persediaan bahan baku.


Full Text:

PDF

References


Kemenperin.go.id. 2015. Penjualan Industry Kemasan Diestimasi Tumbuh 10% Jadi RP. 10 Triliun. [Online] Tersedia di: < https://www.kemenperin.go.id/artikel/11322/Penjualan-Industri-Kemasan-Diestimasi-Tumbuh-10-Jadi-Rp-77-Triliun> [Diakses pada 20 Juni 2021].

Santosa, Selvi., Gandung Satriyono dan Rinto Nurbambang. 2018. Analisis Metode Eqonomic Order Quantity (EOQ) Sebagai Dasar Pengendalian Persediaan Bahan Baku (Studi Pada Yankees Bakery, Kecamatan Kertasono). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi. Vol. 1. No. 1.

Abrianto, Darmawan., dan Dyah Riandadari. 2017. Perencaanaan Persediaan Bahan Baku Produksi dengan Metode Material Requirement Planning (MRP) Pada PT. Sejati Jaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 06. No. 01.

Hernadewinta, et al. 2020. Peramalan Penjualan Obat Generik Melalui Time Series Forecasting Model Pada Perusahaan Farmasi di Tangerang: Studi Kasus. Journal Industrial Engineering and Management Research. Vol. 2. No. 3.

Fauzan, Mhd., dan Norfiza. 2018. Peramalan Permintaan Inti Sawit (Kernel) di PT. Perkebunan Nusantara V Sei Pagar. Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri. Vol. 4. No. 1.

Indah, Dewi Rosa., dan Evi Rahmadani. 2018. Sistem Forecasting Perencanaan Produksi dengan Metode Single Exponential Smoothing pada Keripik Singkong Srikandi di Kota Langsa. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi. Vol. 2. No. 1.

Irawan, Putut Ade., dan Achmad Syaichu. 2017. Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Metode Material Requirement Planning (MRP) pada PT. Semen Indonesia (PERSERO), Tbk. Journal Knowledge Industrial Engineering. Vol. 4. No. 1.

Nugraha, Eucharistia Yacoba., dan I Wayan Suletra. 2017. Analisis Metode Peramalan Permintaan Terbaik Produk Oxycan pada PT. Samator Gresik. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC.

Kusumawati, Aulia., dan Agung Dwi Setiawan. 2017. Analisis Pengendalian Perseiaan Bahan Baku Tempe Menggunakan Material Requirement Planning. Journal Industrial Services. Vol. 3. No. 1b.

Arief, Muhammad., Supriyadi dan Dadi Cahyadi. 2018. Analisis Perencanaan Persediaan Batubara FX Dengan Metode Material Requirement Planning. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik. Vol. 1. No. 2.

Lusiana, Anna., dan Popy Yuliarty. 2020. Penerapan Metode Peramalan (Forecasting) Pada Permintaan Atap di PT. X. Jurnal Teknik Industri ITN Malang.

Arisoma, Dianing Sandya., Supagat, dan Luvia Friska Narulita. 2019. System Design and Development of Financial Product Sales Forecasting with Exponentially Weighted Moving Average and Exponential Smoothing Method. Proceeding of the 3rd International Conference on Accounting, Business and Economics.

Wahyuni, Asvin., dan Achmad Syaichu. 2015. Perencanaan Persediaan Bahan Baku dengan Menggunakan Metode Material Requirement Planning (MRP) Produk Kacang Shanghai Pada Perusahaan Gangsar Ngunut-Tulungagung. Spektrum Industri. Vol. 13. No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.