Label Inovatif UKM Ayam Krispi


Endang Yuniarti, Mochamad Yana Hardiman, eribertus Rudi Kusumantoro

Abstract


Pada masa pandemi covid-19 ini, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu penggerak perekonomian Indonesia. UKM makanan begitu populer dan berkembang, salah satunya ayam goreng krispi. Kemasan UKM ayam goreng krispi mayoritas menggunakan kertas sejenis HVS yang tipis, mudah robek, mudah menyerap minyak dan cetakannya dapat mengkontaminasi isinya sehingga membuat tampilan kurang menarik dan berbahaya. Maka tujuan dari pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh kelompok dosen Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) ini adalah melakukan inovasi kemasan ayam krispi take away yang tepat agar praktis dan aman menggunakan label cetakan mesin thermal. Kemasan yang digunakan adalah kemasan jenis Coated craft paper. Untuk Menambah Nilai Jual dan menarik maka ditambahkan label. Agar dapat produksi lebih mudah dan cepat secara mandiri oleh UKM, maka cetak label tersebut menggunakan mesin cetak thermal. Hasilnya UKM merasa puas dan terbantu dengan adanya program pengabdian pada masyarakat ini.


Full Text:

PDF

References


https://www.jurnal.id/id/blog/kenali-kriteria-umkm-dari-4-perspektif/#:~:text=Pada%20dasarnya%2C%20UKM%20merupakan%20singkatan,pada%20cakupan%20unit%20usaha%20mikro. Diakses terakhir 14 April 2021 jam 8:44PM.

Supriyanto, 2006. Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan. FISE Universitas Negeri Yogyakarta.

Setya, Setimah. 2021. https://tedas.id/bisnis/umum/contoh-kemasan- primer/#:~:text=Sekunder%2C%20dan%20Tersier-,Contoh%20Kemasan%20Primer%20Kemasan%20Primer,%2C%20botol%2C%20dan%20tube%20nya. Diakses terakhir 14 April 2021 jam 8:45 PM.

Djonaedi, Emmidia, dkk. 2019. Pemberdayaan Masayarakat Desa Wisata Dengan Unit Usaha Jahit Dikampung Pulo Geulis, Bogor Jawa Barat. SEMINAR NASIONAL “Percepatan Hilirisasi Hasil Penelitian di Era Industri 4.0” INSTITUT PERTANIAN BOGOR IPB International Convention Center (IICC), Baranangsiang Bogor.

Ardaani, Zulfa. 2012. Pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Di Kabupaten Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.