WEBINAR “SAATNYA KEMASAN NAIK KELAS” UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KEMASAN PANGAN UKM KEPULAUAN SERIBU


Rina Ningtyas, Deli Silvia, Zulkarnain Zulkarnain, Muryeti Muryeti, Wiwi Prastiwinarti, Saeful Imam, Novi Purnama Sari

Abstract


Usaha Kecil Menengah (UKM) umumnya memilki pengetahuan yang rendah tentang pengemasan, dimana hal ini yang umumnya menyebabkan kurangnya harga jual dan rendahnya pembelian dari konsumen. Pengetahuan pengemasan yang penting untuk UKM adalah lebelling kemasan (desain dan regulasi) serta pemilihan material dan teknik cetak kemasan. Yayasan Darul Nasihin, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta yang merupakan penggerak UKM yang membina 12 UKM, dengan presentase 75% yang dijuala adalah bidang pangan. Berdasarkan hasil diskusi dengan kepala Mitra, diketahui hingga saat ini belum ada pelatihan/penyuluhan pengemasan. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan pelatihan pengemasan pada Yayasan Darul Nasihin. Pelaksanaan pelatihan kemasan dilakukan dalam bentuk webinar dengan menggunakan metode blended yaitu metode yang memadukan antara Online dan Offline. Pelaksanaan online dilakukan karena webinar dilakukan dengan zoom meeting sedangkan peserta UKM Darul Nasihin melihat secara offline di aula yayasan tersebut. Webinar pengemasan terdiri dari tiga materi yaitu desain dan teknik cetak, regulasi labelling kemasan dan pemilihan material dan teknologi kemasan pangan. Pelaksanaan webinar ini juga dibuka untuk untuk umum dengan target seluruh UKM di Indonesia. Hasil webinar terdiri dari 94 orang, yang terdiri dari 33 pemilik UKM, mahasiswa 32 dan umum 29 orang, dan hasil menunjukkan 100% peserta menambah pengetahuan tentang kemasan, terutama tentang regulasi kemasan.


Full Text:

PDF

References


W. Swasty, Y. Rahman, and A. N. Fadilla, “PELATIHAN KEMASAN PRODUK KULINER YANG PERSUASIF BAGI KOPERASI DAN UKM KABUPATEN BANDUNG,” charity, vol. 2, no. 1, Sep. 2019, doi: 10.25124/charity.v2i1.2067.

F. P. Juniawan and D. Y. Sylfania, “Pelatihan Desain Kemasan Bagi UKM Rumah Tangga di Bangka Barat,” p. 5, 2019.

“UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 7 TAHUN 1996 TENTANG PANGAN,” p. 38, 1996.

“MAREN: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (Vol.1 No.1),” p. 7, 2020.

S. Mardiyah, H. Purwanto, A. A. Ichtiarni, and F. Fitrianti, “PERANCANGAN DESAIN KEMASAN DAN BRAND PUTU PIRING BU KAY,” vol. 5, p. 10, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.