ANALISIS KARAKTERISTIK PERUBAHAN FISIK DAN MORPHOLOGI KOMPOSIT BIOPLASTIK DARI KARAGENAN DAN TIO2AKIBAT PERUBAHAN SUHU


Emmidia Djonaedi, Endang Yuniarti, Rachmananda Kartika, Kenanga Indah, Khairul Iman

Abstract


Plastik konvensional puluhan tahun belakangan ini menjadi salah satu komoditi yang banyak digunakan untuk cetak dan kemasan. Fenomena ini mendorong pengembangan jenis bioplastic yang bersumber dari berbagai tumbuhan yang mengandung selulosa sebagai salah satu pengganti plastic konvesional.salah satu bahan yang mengandung selulosa adalah karagenan yang merupakan salah satu hasil ekstraksi dari rumput laut merah. Penelitian ini memanfaatkan Karagenan untuk menjadi material bioplastic. Salah satu karakteristik yang harus dipunyai oleh plastic polimer adalah ketahanannya terhadap temperature tinggi dan struktur permukaan yang halus . Bioplastic terbuat dari karagenan yang dicampur dengan Polivinil Alcohol (PVA) dan variasi TiO2 sebesar 1.25%,1.88%, dan 2.5%. Hasil dari penelitian ini didapatkan penyusutan berat terbanyak adalah 14,08% yaitu pada bioplastic yang terbuat dari campuran karagenan dengan gliserol 10% tanpa TiO2 danĀ  campuran carrageenan dengan TiO2 pada konsetrasi penambahan TiO2 sebanyak 1.88% dan gliserol 10% mempunyai kehilangan berat yang paling kecil yaitu 8,24%. Penggunaan jumlah TiO2 mempengaruhi persentase kehilangan beratnya akibat terpapar temperatur 105 0C, tetapi dari hasil morfologi semakin banyak TiO2 permukaan bioplastic semakin tidak rata.


Full Text:

PDF

References


A. Eri, "Karakterisasi Bioplastik Dari karaginan Dari Rumput Laut Merah Asal Kabupaten Biak Yang Dibuat Dengan Metode Blending Menggunakan Pemlastis Sorbitol," Avogadro Jurnal Kimia, vol. 2, pp. 1-9, 2018.

Y. Xing, "Effect of TiO2 nanoparticles on the antibacterial and physical properties of Polyethylene-based film," vol. 73, 2012.

M. R. Amin, "Characterization and performance analysis of composite bioplastics," vol. 5, 2019.

A. S. More, "Development of Starch-Polyvinyl Alcohol (PVA) Biodegradable Film: Effect of Cross-LinkingAgent and Antimicrobials on Film Characteristics," vol. 9, no. 3, 2017.

J. Yaradoddi1, "BIODEGRADABLE PLASTIC PRODUCTION FROM FRUIT WASTE MATERIAL AND ITS SUSTAINABLE USE FOR GREEN APPLICATIONS," vol. 5, no. 4, 2016.

L. AGROINDUSTRI, "http://labvirtual.agroindustri.upi.edu/analisis-kadar- air," [Online]. Available: http://labvirtual.agroindustri.upi.edu/analisis-kadar-

air. [Accessed 11 9 2021].

smartlab.co.id, http://smartlab.co.id/assets/pdf/MSDS_TITANIUM_DIOXIDE.pdf," 5 3

[Online]. Available: http://smartlab.co.id/assets/pdf/MSDS_TITANIUM_DIOXIDE.pdf. [Accessed 12 9 2021].

S. I. K. Nasional, "http://ik.pom.go.id/v2016/katalog/Titanium%20Dioksida.pdf," Pusat Infomrasi Obat dan Makanan, Badan POM RI, 2012. [Online]. Available: http://ik.pom.go.id/v2016/katalog/Titanium%20Dioksida.pdf. [Accessed 12 9 2021].

Winarno, Kimia Pangan dan Gizi, Jakarta: Gramedia Pustaka, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.