MEMBERDAYAKAN KEHUMASAN LEMBAGA


Azhmy Fawzi Mahyddin

Abstract


Posisi Bidang Hubungan Masyarakat (Humas/PR) selalu sangat strategis, bagi sebuah Lembaga. Humas sebagai pusat untuk mengelola dan menyebarkan informasi. Terutama untuk membentuk citra Lembaga ke luar maupun ke dalam. Humas sekaligus menjadi model komunikasi dua arah, yang tentunya membutuhkan integritas dan loyalitas sebagai syarat utama para pengelolanya. Kemajuan Humas mewujud, ketika segala bentuk informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat dapat dipublikasikan melalui berbagai media. Terlebih dengan adanya digitalisasi media dalam media sosial yang mendistribusikan informasi terkini kepada masyarakat luas. Humas yang menjadi pusat informasi, selalu berusaha memanjakan masyarakat dengan berbagai informasi yang mereka butuhkan. Secara berkala, Humas melakukan riset, observasi dan analisis untuk menyusun strategi-strategi unggulan dalam membangun citra. Unit Humas sebagai garda terdepan mempunyai tugas bukan hanya mempromosikan Lembaga, tetapi juga menunjang kelancaran kinerja, mengkomunikasikan kebijakan, tujuan, visi Lembaga dan melayani masyarakat internal maupun eksternal. Tujuan dan Manfaat: (1) Memberikan pelatihan tentang dasar-dasar dan ruang lingkup kehumasan, (2) Memberikan masukan atas hubungan Kehumasan dengan media publikasi, dan (3) Memberdayakan Kehumasan pada Lembaga. Rumusan Masalah: “Bagaimana memberdayakan Kehumasan Lembaga?. Metode: Pendidikan Masyarakat dan Pelatihan

 

Kata kunci: Humas, Informasi, Citra, Masyarakat


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.