PERANCANGAN KATALOG SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBU DJAMOE


Alifya addina, susilawati thabrany, Tiyas Maheni

Abstract


Obu Djamoe merupakan salah satu usaha mikro, kecil dan menengah yang menjual berbagai bentuk dan varian jamu. Sebagai upaya mempromosikan produknya Obu Djamoe turut berpartisipasi dalam bazar-bazar UMKM dari tingkat kota hingga nasional. Namun, dalam pelaksanaannya ditemukan kendala dalam menjelaskan varian, khasiat serta kandungan setiap produk kepada calon pembeli. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah media promosi yang efektif dan efisien guna mempromosikan setiap produk yang dimiliki oleh Obu Djamoe. Sebagai solusinya dirancanglah sebuah media promosi berbentuk katalog yang dapat menjelaskan keunggulan setiap produk dan mempersuasi calon pembeli untuk membeli produk Obu Djamoe. Perancangan katalog Obu Djamoe menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui tahap pengumpulan data dengan metode studi literatur, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data tersebut diolah menggunakan analisis SWOT dan STP serta dikembangkan kembali dengan metode desain thinking. Hasil dari perancangan ini yaitu layout berkonsep minimalis dan modern dengan elemen visual rempah-rempah dan gaya visual line art. Konsep desain tersebut turut diaplikasikan pada media turunan seperti feed instagram, website, serta media promosi lainnya. Perancangan katalog ini diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi yang efektif dan efisien antara Obu Djamoe dengan target pasarnya.


Full Text:

PDF

References


Hidayat, W., Mahmuriyah, R., & Safitri, S. N. R. (2016). Media Visual Berbentuk Katalog Produk Sebagai Media Promosi. SENSI Journal, 2(2), 184–197.

Hokanson, B., Gibbons, A., Thinking, D., & Process, D. (2012). (Educational Communications and Technology_ Issues and Innovations 1) Monica W. Tracey, John Baaki, Brad Hokanson, Andrew Gibbons-Design in Educational Technology_ Design Thinking, Design Process, and. https://doi.org/10.1007/978-3-319-00927/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.